Bawaslu Sukoharjo Gelar Ujian CAT Seleksi Panwascam, Diikuti 218 Peserta

Nanang SN
Pelaksanaan ujian CAT seleksi Panwascam oleh Bawaslu Sukoharjo di kampus Univet Bantara.Foto:iNewsSragen.id/Nanang SN

SUKOHARJO, iNewsSragen.id- Sebanyak 218 pendaftar calon anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) mengikuti ujian Computer Assisted Test (CAT) yang diselenggarakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng).

Ujian berlangsung di ruang laboratorium komputer kampus Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo pada, Sabtu (15/10/2022). Ujian dibagi menjadi empat sesi, dari pukul 08.00 WIB-16.30 WIB.

Ketua Pokja Pembentukan Panwascam Kabupaten Sukoharjo, Uswatun Mufidah, yang juga Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan, dan Pelatihan Bawaslu Sukoharjo menyampaikan, pelaksanaan masing -masing sesi dalam ujian ini masih dibagi menjadi dua ruangan.

"Para peserta ujian CAT hari ini adalah pendaftar dari 12 kecamatan yang sudah lolos administrasi. Setiap sesi ujian diberi waktu 90 menit untuk mengerjakan 100 soal. Hasil ujian langsung diumumkan hari ini juga," terangnya.

Menurut Uswatun, dari 218 peserta ujian itu akan diambil masing-masing kecamatan enam orang. Dengan kata lain, hanya 72 peserta yang akan lolos untuk mengikuti tes berikutnya, yaitu wawancara.

"Bagi enam peserta dari masing - masing kecamatan yang lolos tes CAT, selanjutnya akan mengikuti sesi tes wawancara yang akan dilaksanakan antara  18-22 Oktober 2022 mendatang. Dari wawancara ini akan diambil masing-masing kecamatan tiga orang, diumumkan tanggal 25 Oktober 2022," jelasnya.

Sesuai 'time line' dari Bawaslu RI, lanjut Mufidah, pelaksanaan ujian CAT seleksi Panwascam yang dilaksanakan Bawaslu Kabupaten/Kota se Indonesia diselenggarakan selama tiga hari, 14-16 Oktober 2022.

"Untuk di Sukoharjo sendiri kami laksanakan hanya satu hari saja di tanggal 15 Oktober ini. Diluar Sukoharjo, kemarin juga sudah ada yang melaksanakan ujian seleksi, terutama di daerah yang jumlah kecamatannya banyak, pesertanya ada yang jumlahnya sampai 800," paparnya.

Salah satu peserta ujian CAT seleksi Panwascam Weru, Nanang Setiyawan, yang pernah menjadi Panwascam pada Pemilu sebelumnya, menyebut materi ujian CAT saat ini lebih sulit dibandingkan dengan materi ujian CAT yang digunakan pada seleksi Panwascam Pemilu lalu.

"Untuk materi ujian yang sekarang, banyak muatannya tentang wawasan kebangsaan. Kemudian juga ada penekanan pengetahuan Undang-Undang tentang Pemilu Presiden. Termasuk juga muncul soal tentang fungsi-fungsi lembaga hukum yang berkaitan dengan pemilu," pungkasnya.

 

Editor : Joko Piroso

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network