Waduh! Gunung Merapi Membelah Diri Jadi 2 Kawah, Begini Kata BPPTKG!

Sugiyanto
Dua kubah kawah gunung Merapi. Kubah kawah ini terpantau pada 18 Maret 2023. (FOTO: BPPTKG)

JAKARTA, iNewsSragen.id - Gunung Merapi membelah diri. Gunung yang terletak di perbatasan Yogyakarta dengan Jawa Tengah ini memiliki 2 kubah lava aktif dalam satu periode erupsi. Fakta pertama kalinya dalam sejarah ini diungkap Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Badan Geologi, Kamis (23/3/2023).

“Pertama kalinya dalam sejarah, Gunung Merapi memiliki 2 kubah lava aktif dalam satu periode erupsi. Kubah lava ini adalah kubah lava barat daya dan kubah lava tengah kawah. Pasca-kemunculannya pada Januari 2021, kedua kubah lava saat ini masih terus tumbuh,” ungkap BPPTKG lewat akun media sosial resminya.

Badan Geologi menerbangkan drone pada 18 Maret 2023, untuk memetakan sebaran suhu di puncak Gunung Merapi setelah kejadian erupsi 11 Maret 2023. Hasil pemetaan menunjukkan kubah lava barat daya masih terlihat aktif dengan suhu yang tinggi mencapai 230 derajat Celsius. BPPTKG juga mengungkapkan hasil foto udara juga menunjukkan batas material guguran secara lebih jelas. 



Editor : Joko Piroso

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network