Begini Intrik Pergantian Raja Mataram Pasca Sultan Agung Lengser

Avirista Midaada
Peninggalan Kerajaan Mataram. Foto: Dok

Putra kedua Ratu Kulon atau permaisuri pertama Sultan Agung disebut dalam cerita-cerita tutur tradisional dan Sadjarah Dalem sebagai Raden Mas Alit atau Pangeran Alit, tetapi ada versi lain yakni versi Van Goens yakni Raden Ageng. Tetapi ada yang meyakini bahwa nama sebenarnya adalah Raden Mas Sahwawrat. 

Gejolak di istana Mataram masih tinggi pasca pengusiran permaisuri pertama Sultan Agung. Konon anak dari permaisuri kedua yang bernama Sultan Amangkurat I ini memiliki tabiat yang buruk. Ia bahkan sempat dikabarkan menculik istri tercantik Tumenggung Wiraguna, panglima perang Kerajaan Mataram. 

Alhasil para pendukung Pangeran Alit dan adik-adiknya meminta Sultan Agung agar menjatuhkan sanksi kepada Raden Mas Sayyidin atau Sultan Amangkurat I. Bahkan beberapa petinggi Mataram seperti Tumenggung Danupaya meminta hak-hak putra mahkota Sultan Amangkurat I dicabut dan diberikan ke Pangeran Alit. 

Harapan yang sia-sia, Sultan Agung justru memarahi kedua belah pihak, tetapi mempertahankan putra mahkotanya. Namun Sultan Agung sempat membuang Sultan Amangkurat I beberapa waktu dari keraton. 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network