Kesaktian Sultan Agung, Bisa Pergi Secepat Kilat Sujud di Makkah Setiap Hari Jumat

Avirista Midaada
Raja Kesultanan Mataram Sultan Agung. (Foto: Wikipedia/Basoeki Bawono)

YOGJAKARTA, iNewsSragen.id - Sultan Agung dari Kesultanan Mataram memang dikenal sebagai salah satu raja yang sangat berpengaruh dan penuh dengan keistimewaan dan kesaktiannya. Cerita-cerita mengenai keistimewaan dan kebijaksanaannya sering menjadi bagian dari mitos dan legenda yang berkembang di masyarakat. Salah satu kisah yang terkenal adalah tentang kemampuan spiritual dan tirakat Sultan Agung, yang konon membuatnya mampu mencapai puncak kejayaan Mataram.

Menurut cerita yang berkembang, Sultan Agung memiliki kemampuan luar biasa dalam tirakat dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Salah satu kisah yang beredar adalah bahwa Sultan Agung, yang saat itu dikenal dengan nama Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Anom, tidak mengetahui kematian ayahnya, Pangeran Hanyakrawati, akibat kecelakaan berburu di hutan Krapyak.

Pangeran Hanyakrawati, yang juga dikenal sebagai Sinuhun Sedo Krapyak, wafat dalam sebuah kecelakaan saat berburu, sementara Sultan Agung sedang berada di pegunungan selatan menjalankan tirakat.

Dalam kondisi seperti itu, kekuasaan Mataram dipegang oleh Gusti Pangeran Martopuro selama Sultan Agung menjalani tirakat. Setelah satu tahun, Sultan Agung kembali dari pegunungan karena telah lama dicari oleh penghulu Katangan.

Pada tahun 1627, setelah menyelesaikan tirakatnya, Sultan Agung akhirnya diangkat sebagai pemimpin Kesultanan Mataram dan mengambil nama Prabu Hanyokrokusuma. Pengangkatan ini dilakukan setelah Pangeran Martopuro meninggalkan Kerajaan Mataram dan pergi menuju Ponorogo.

Selama Sultan Agung menjalani tirakat, Pangeran Purboyo, sebagai wakil dari Pangeran Adipati Anom, memerintahkan penghulu Ketegan untuk mencari Sultan Agung. Setelah pencarian, Sultan Agung ditemukan di Gunungkidul dan dibawa kembali ke kerajaan.

Editor : Joko Piroso

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network