Sejarah dan Misteri Pabrik Gula Gondang Klaten, Ada Penampakan Noni Belanda

Joko Piroso
Penampakan suasana Pabrik Gula Gondang Klaten.foto IG @klatenkita

Kisah misteri seperti ini seringkali menjadi bagian dari warisan budaya dan folklore suatu daerah. Meskipun tidak dapat dibuktikan secara ilmiah, cerita-cerita ini menjadi bagian dari identitas dan sejarah lokal yang menarik minat masyarakat.

Sementara dikutip dari akun Instagram @klatenkita bersumber dari akun @klateninfo, Pabrik Gula Gondang Baru semula bernama Pabrik Gula Gondang Winangoen didirikan pada tahun 1860 oleh N.V Klatensche Cultuur Maats Chapij yang berkedudukan di Amsterdam Belanda. Pengelolanya dilaksanaak oleh N.V Mirandotte Voute dan Co yang berkedudukan di Semarang. Pada tahun 1930-1935 pabrik tidak berproduksi karena adanya krisis ekonomi.

Tahun 1935-1942 pabrik beroperasi kembali dipimpin Boerman dan M.F Bremmers. Tahun 1942-1945 pabrik gula Gondang Winangoen dikuasai oleh Jepang yang dipimpin Nisiko dan Inogaki, tetapi pengelolanya dibantu oleh M.F Bremmers seorang dari Belanda.  Ketika terjadi revormasi kemerdakaan tahun 1945, pabrik gula dikuasai bangsa Indonesia yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Perusahaan Gula Negara (BPPGN) dan dipimpin oleh Doekoet (1945-1948). 



Editor : Joko Piroso

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network