Kebakaran Rumah Hari Ini Milik Petani di Desa Girimargo Sragen, Kerugian Mencapai 100 Juta Rupiah

Joko Piroso
Kejadian kebakaran hari ini yang terjadi di rumah Sumadi pada Minggu, (01/10/2023), di Dukuh Girikota, Desa Girimargo, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen.Foto:iNews/Joko P

SRAGEN, iNewsSragen.id - Kejadian kebakaran hari ini yang terjadi di rumah Sumadi pada Minggu, (01/10/2023), di Dukuh Girikota, Desa Girimargo, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Kebakaran dimulai saat Sumadi, pemilik rumah yang berusia 69 tahun, sedang melakukan bersih-bersih rumah dan membakar sampah serta jerami di sekitar area dapur miliknya.

Tanpa disadarinya, api dari pembakaran sampah tersebut berhasil merambat ke tumpukan kayu yang tidak jauh dari lokasi pembakaran sampah.

Setelah melakukan pembakaran sampah, Sumadi langsung pergi ke sawah.

Tetangga Sumadi yang bernama Ilham Maulana melihat kepulan asap berasal dari area dapur yang dekat jerami sekitar pukul 10:15 WIB.

Ilham Maulana segera memberitahu Sumadi tentang kejadian ini, dan api sudah mulai membesar.

Ilham Maulana berteriak meminta pertolongan warga yang berada di sekitar lokasi untuk memadamkan api secara manual menggunakan ember dan kran air yang tersedia di dekat lokasi kebakaran.

Kapolres Sragen, AKBP Jamal Alam, membenarkan kejadian tersebut. Ia menjelaskan bahwa sebelum pergi ke sawah, Sumadi mengira api yang ia buat sudah padam.

Karena api semakin membesar dan sulit dipadamkan secara manual, akhirnya tim Damkar Gemolong datang dengan menggunakan 1 unit kendaraan berkapasitas air dan melakukan pemadaman.

Karena struktur bangunan rumah Sumadi terbuat dari kayu dan bambu yang mudah terbakar, api semakin membesar dan akhirnya tim Damkar dari Sragen datang dengan 2 unit kendaraan berkapasitas air.

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 12:30 WIB.

Akibat kejadian ini, rumah Sumadi ludes terbakar dan mengakibatkan kerugian materi sebesar Rp. 100.000.000.

Dalam kejadian seperti ini, sangat penting untuk selalu berhati-hati saat melakukan pembakaran sampah atau aktivitas yang melibatkan api, terutama selama musim kemarau. Keselamatan dan keamanan harus menjadi prioritas utama untuk mencegah kebakaran yang dapat mengakibatkan kerugian besar seperti yang dialami oleh Sumadi dalam insiden ini.

Editor : Joko Piroso

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network