Heboh Dugaan Beras Bantuan Mengandung Plastik, Dinas Pangan Sukoharjo Pastikan Tidak Ada Temuan

Nanang SN
Beras SPHP Bulog/YouTube/ Official iNews

Seperti diketahui, bantuan pangan berupa 10 kg beras dari pemerintah melalui Bulog akan didistribusikan setiap bulannya kepada KPM sejak September hingga November 2023. Masing - masing KPM mendapat 10 kg setiap bulan.

Bantuan pangan untuk masyarakat tak mampu itu diberikan menyikapi kenaikan harga beras yang mencapai sekira 5-6 persen dari harga normal dalam beberapa bulan terakhir. Fluktuasi harga beras berdampak pada tingkat inflasi.

Dilansir dari keterangan Badan POM (pom.go.id), terkait dugaan beras mengandung plastik, menyatakan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap contoh beras, tidak ditemukan indikasi beras tersebut mengandung plastik.

Dalam penjelasannya menyebutkan, tekstur nasi dipengaruhi komposisi komponen penyusun pati dalam butir beras, yaitu amilosa dan amilopektin. Kadar amilopektin tinggi mempengaruhi tekstur lengket/pulen nasi, sehingga nasi dapat dikepal menyerupai bentuk bola.

Badan POM mengajak masyarakat untuk lebih cerdas dan teliti memilih makanan yang akan dikonsumsi. Apabila masih ada keraguan bisa langsung menghubungi Contact Center HALO BPOM 1500533 atau Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) di Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia.

Editor : Joko Piroso

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network