Tegaskan Komitmen, Bawaslu Sukoharjo Gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024

Nanang SN
Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 di gelar Bawaslu Kabupaten Sukoharjo di alun-alun Satya Negara.Foto:iNews/ Istimewa

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Bawaslu Kabupaten Sukoharjo menggelar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024 menjelang masa kampanye Pemilu 2024 yang akan dimulai 28 November 2023 besuk. Apel digelar di Alun-alun Satya Negara Sukoharjo, Senin (27/11/2023).

Melalui apel siaga yang juga dihadiri Bupati Sukoharjo Etik Suryani dan sejumlah pejabat Forkopimda itu, Bawaslu Sukoharjo ingin menegaskan komitmen dalam melakukan pengawasan penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Apel siaga pengawasan ini sebagai bentuk tanggung jawab bersama dalam mewujudkan pemilu aman dan damai,” kata Ketua Bawaslu Sukoharjo, Rochmad Basuki.

Menurutnya, masing-masing dari diri pengawas memiliki tanggung jawab yang sama besarnya dan sama beratnya untuk menjamin pelaksanaan pemilu berlangsung secara demokratis sesuai asas luber jurdil.

"Untuk itu, banyak tugas-tugas yang sudah menanti menjelang tahapan kampanye pemilu," ujarnya.

Rochmad juga meminta kepada jajaran Bawaslu Sukoharjo mengoptimalkan pencegahan dengan identifikasi permasalahan dan isu-isu tahapan kampanye pada penyelenggaraan pemilu sebelumnya. Selain itu juga diminta memetakan potensi kerawanan, serta menjalin koordinasi dengan berbagai stakeholder.

“Lakukan pengawasan secara melekat, catat hasil pengawasan yang dilakukan, pastikan seluruh jajaran pengawas di wilayah bekerja secara optimal dan netral,” tegasnya.

Menanggapi, Bupati Sukoharjo mengatakan, tahun 2024 akan menjadi pemilu pertama dan terbesar di Indonesia. Sebab, sebelumnya pemilu dan pilkada belum pernah dilaksanakan di tahun yang sama.

“Setiap pengawas mulai dari tingkat desa, kecamatan sampai kabupaten tanpa terkecuali wajib melakukan langkah pencegahan untuk menekan potensi-potensi yang dapat menimbulkan pelanggaran-pelanggaran dalam setiap tahapan Pemilu,” ujar Etik.

Di kesempatan itu, Bupati juga mengajak kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, dan seluruh elemen di Sukoharjo untuk bersatu-padu guna mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024.

Editor : Joko Piroso

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network