Letusan Gunung Api Ruang di Pulau Tagulandang Manado, Ini Catatan Sejarahnya!

Sabhan Sabu
Erupsi Gunung Ruang di Sitaro Sulut, Rabu (17/4/2024) dini hari. (Foto: BNPB)

MANADO, iNewsSragen.id - Gunung Ruang, yang merupakan gunung api aktif di Sulawesi Utara, telah mengalami serangkaian letusan hebat dalam sejarahnya. Letusan terakhir terjadi pada 25 September 2002 setelah periode istirahat selama lebih dari 50 tahun.

Letusan tersebut menghasilkan kolom abu vulkanis setinggi lebih dari 5 km di atas puncak, dengan beberapa deteksi ketinggian abu vulkanis mencapai lebih dari 16 km oleh satelit.

Sebelumnya, pada tahun 1808, erupsi meledak dari kawah pusatnya dan menyebabkan kerusakan signifikan di Pulau Tagulandang, meskipun tidak ada korban manusia yang dilaporkan.

Pada tahun 1870, terjadi erupsi agak kuat yang mengakibatkan kerusakan total di Pulau Ruang, menghancurkan rumah, hewan, dan tumbuhan di sekitarnya.

Tahun 1871 ditandai dengan gempa yang terasa hebat di pertengahan Februari, diikuti oleh longsoran di puncak dan gelombang pasang yang melanda Pantai Tagulandang. Gelombang tersebut mengakibatkan korban jiwa yang signifikan, dengan perkiraan 300 sampai 400 orang tewas di Buhias. Erupsi Gunung Ruang kembali terjadi kemudian pada Maret dengan menyemburkan batu dan pasir.

Pada 15 November 1874, terjadi erupsi hebat yang menyemburkan abu dan batuan pijar, menyebabkan kerusakan rumah dan tanaman di sekitar lereng gunung.

Editor : Joko Piroso

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network