Ratusan Petani Sukoharjo Demo BBWSBS, Tuntut Penundaan Penutupan Dam Colo

Nanang SN
Para petani Sukoharjo menggelar aksi demo di kantor BBWSBS di Pabelan, menuntut penundaan penutupan Dam Colo.Foto:iNews/ Nanang SN

Merespon tuntutan para petani tersebut BBWSBS dan Perum Jasa Tirta I Wilayah Sungai Bengawan Solo akhirnya setelah melakukan pertemuan dengan perwakilan petani menyatakan, tidak akan menutup Dam Colo hingga akhir tahun 2024.

Kepala Bidang (Kabid) Operasi dan Pemeliharaan SDA Bengawan Solo BBWSBS, Sri Wahyu Kusumastuti, mengatakan, keputusan tidak akan menutup Dam Colo pada tahun ini merupakan kali pertama dilakukan. Basanya penutupan rutin dilakukan selama 1 bulan bulan setiap tahun.

“Kami menjamin kebutuhan air untuk lahan pertanian saat masa tanam ke-2 hingga panen. Untuk agenda rutin penutupan Dam Colo pada 1 Oktober, tidak ada penutupan. Jadi, tahun ini, tidak ada penutupan, namun berbagai risiko yang muncul selama Dam Colo tidak ditutup ditanggung oleh petani,” terangnya.

Ditambahkan, untuk agenda penutupan Dam Colo pada 2025 akan dilakukan menyesuaikan datangnya musim penghujan atau merujuk perkiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Editor : Joko Piroso

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network