PB IPSI Sesalkan Tindakan Represif Aparat Terhadap Pagar Nusa di Sukoharjo

Nanang SN
Audiensi Ketua Umum PP Pagar Nusa, Gus Nabil Haroen dengan PB IPSI di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta.Foto:iNews/ Istimewa

SUKOHARJO,iNewsSragen.idPengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) menyesalkan kejadian kekerasan yang diduga dilakukan oleh aparat kepolisian dari Polres Sukoharjo terhadap organisasi pencak silat Pagar Nusa di Sukoharjo beberapa waktu lalu.

Hal itu disampaikan Ketua Harian PB IPSI, Benny G. Soemarsono, saat audiensi dengan Pimpinan Pusat (PP) Pagar Nusa yang menjadi pertemuan untuk menyuarakan keprihatinan mendalam di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta, pada Rabu (24/9/2024).

Dalam rilis yang diterima awak media, Benny menyatakan kesedihannya atas kejadian yang menimpa Pagar Nusa di Sukoharjo itu. Ia mengaku miris dan sedih atas tindakan represif aparat terhadap anggota Pagar Nusa.

"Ini adalah tindakan yang seharusnya tidak terjadi, terutama terhadap organisasi yang telah menjaga marwah pencak silat sebagai warisan budaya bangsa," ungkap Benny didampingi Sekjen PB IPSI Teddy Suratmadji sekaligus Sekjen Persilat dan Wasekjen Arko Murjoko.

Ia menambahkan, bahwa PB IPSI terus berupaya keras mempromosikan pencak silat di tingkat internasional, agar pencak silat dapat diakui tidak hanya sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO, tetapi juga sebagai cabang olahraga yang dapat berprestasi di panggung global.

"Kami di PB IPSI menghimbau seluruh perguruan untuk bersama-sama mempromosikan pencak silat secara positif dan elegan. Ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk menjaga pencak silat sebagai kebanggaan bangsa," ujar Benny.

Disisi lain, ia juga mengajak aparat keamanan untuk membantu perjuangan pencak silat agar berkembang dalam suasana damai, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Editor : Joko Piroso

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network