Logo Network
Network

Diduga Peninggalan Mataram Kuno, Puluhan Wayang, Gong dan Hewan dari Batu Ditemukan di Jenar Sragen

Joko Piroso
.
Sabtu, 20 Agustus 2022 | 09:32 WIB
Diduga Peninggalan Mataram Kuno, Puluhan Wayang, Gong dan Hewan dari Batu Ditemukan di Jenar Sragen
Tim Expedisi Sukowati dari Yayasan Palapa Mendira Harja Cabang Sragen, Jawa Tengah, menemukan belasan wayang, puluhan gong dan puluhan hewan yang terbuat dari batu. (Foto: iNewsSragen.id/Joko Piroso)

SRAGEN, iNewsSragen.id - Puluhan wayang, gong dan hewan yang terbuat dari batu, ditemukan Tim Expedisi Sukowati dari Yayasan Palapa Mendira Harja Cabang Sragen, Jawa Tengah. Diduga, gong, wayang dan hewan dari batu tersebut merupakan peninggalan masa Mataram Kuno.

Benda-benda yang diduga peninggalan bersejarah ini, ditemukan di Dukuh Jenar RT 1 RW 2 Desa Jenar, Kecamatan Jenar, Kabupaten Sragen. Batu-batu tersebut, awalnya terbengkelai begitu saja dan setelah diteliti ternyata bentuknya memiliki keunikan.

Kades Jenar, Samto mendukung penuh Tim Expedisi Sukowati dari Yayasan Palapa Mendira Harja Cabang Sragen, untuk melestarikan peninggalan sejarah yang ada di desanya. Sebelumnya, warga kurang peduli dengan situs batu-batuan yang ada di lingkungan desanya, meskipun mereka sudah tahu adanya kumpulan batu tersebut.

"Sudah lama situs batu-batu ini berada di Dusun Jenar. Tapi belum ada yang dikondisikan seperti sekarang. Kalau sekarang batu-batu yang terpencar dikumpulkan, dan ditata dengan baik," terang Samto. Dia menyampaikan keberadaan situs tersebut kurang ada perhatian dari warga. Bahkan sebelumnya banyak yang mengambil batu untuk kebutuhan bahan bangunan dan sebagainya. Warga awalnya hanya menganggap batu biasa, namun ternyata berbentuk gamelan dan wayang. "Setelah ini, karena diduga mengandung nilai sejarah, jadi kami ajukan ke pemerintah untuk penanganan selanjutnya," terangnya.

Follow Berita iNews Sragen di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini