get app
inews
Aa Read Next : Ramadhan Bertemu Paskah,  Relawan Pemuda Muslim Sukoharjo Datangi Gereja Berbagi Takjil

Simak, Begini Cara Mencukur Bulu Kemaluan yang Baik Menurut Islam

Jum'at, 26 Agustus 2022 | 18:03 WIB
header img
Cara Mencukur Bulu Kemaluan yang Baik dan Sehat Menurut Islam (Foto: Pixel Shoot)

JAKARTA, iNewsSragen.id - Bulu kemaluan memang harus dirawat dengan baik karena jika tidak dirawat bisa jadi akan memicu terjadinya penyakit pada kulit area kemaluan. Untuk itu, Islam pun juga memberikan cara mencukur bulu kemaluan yang baik dan sehat.

Kebersihan adalah salah satu hal utama yang ditekankan dalam ajaran Islam, tak terkecuali di area kemaluan.

Salah satu cara untuk menjaga kebersihan area kemaluan adalah dengan mencukur bulu yang tumbuh di sekitarnya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الفطرة خمس: الختان، والاستحداد، وقص الشارب، وتقليم الأظفار، ونتف الآباط

“Fitrah ada 5: khitan, mencukur bulu kemaluan, memendekkan kumis, potong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (HR. Bukhari 5891 dan Muslim 257).

Selain menjaga kebersihan, mencukur bulu kemaluan juga penting untuk kenyamanan dan kesehatan kulit supaya terhindar dari bakteri. Cara mencukur bulu kemaluan yang baik perlu diperhatikan agar tidak mengalami efek samping yang membuat tidak nyaman, seperti iritasi, gatal hingga infeksi. Lantas, bagaimana cara mencukur bulu kemaluan yang baik dan sehat menurut Islam

Mencukur bulu kemaluan juga diistilahkan dengan istihdad (asal katanya dari hadiid yaitu besi-pen). Hal itu karena dilakukan dengan sesuatu yang tajam seperti pisau cukur. 

Diperbolehkan mencukurnya dengan alat apa saja, baik berupa alat cukur atau sejenisnya, asalkan bersih. Bisa pula dilakukan dengan memotong/menggunting, mencukur habis, atau dengan mencabutnya.

Berikut Tahapan atau Cara Mencukur Bulu Kemaluan yang Baik dan Sehat Menurut Islam:

  1. Mengawali dengan Mandi Air Hangat

Pertama, disarankan untuk tidak mencukur bulu kemaluan dalam keadaan kering. Mengawalinya dengan mandi air hangat akan membuat proses bercukur lebih mudah serta menghindari risiko luka gores.

Suhu hangat akan memungkinkan kulit melunak dan meluruhkan minyak dan kotoran di sekitar kemaluan. Selain itu, air juga secara alami akan menjadi pelumas untuk melemaskan folikel rambut dan mencegah rambut tertarik.

  1. Membaca Basmallah

Hal utama dan terpenting saat mencukur rambut atau kemaluan adalah membaca basmallah. Tujuannya adalah sebagai penutup aurat kita dari pandangan jin. Sebagaimana dinyatakan dalam hadis dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ستر ما بين أعين الجن وعورات بني آدم إذا دخل أحدكم الخلاء أن يقول : بسم الله

“Penutup antara pandangan jin dan aurat bani adam adalah ketika mereka masuk kamar mandi, mengucapkan bismillah.” (HR. Turmudzi 606 dan dishahihkan al-Albani).

  1. Pangkas dengan Gunting Kecil Dahulu

Rambut atau bulu kemaluan memiliki tekstur yang lebih tebal, kasar, dan cenderung ikal. Oleh sebab itu, memangkas bulu kemaluan dilakukan dengan gunting terlebih dahulu agar dapat memudahkan saat mencukurnya.

  1. Oleskan Krim Cukur atau Minyak

Krim cukur atau minyak akan menjadi lapisan penghalang. Dengan begitu, pisau cukur dapat lebih mudah dipakai dan nyaman di kulit. Hal tu  akan membantu mencegah timbulnya ruam merah akibat bercukur.

  1. Mulai Bercukur

Sebelum mencukur, perlu diketahui dulu arah mencukur yang benar. Mencukur bulu kemaluan sebaiknya dilakukan sesuai arah tumbuhnya rambut. Jika dilakukan dengan arah sebaliknya, maka risiko terjadinya iritasi akan meningkat.

Itulah cara mencukur bulu kemaluan yang baik dan sehat menurut Islam. Wallahualam bissawab.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut