get app
inews
Aa Read Next : Ikut Ajang Internasional di Malaysia, Tim Mahasiswa Teknik Kimia UMS Sabet Bronze Medal

12 Jurusan Kuliah Dikenal Sulit Prospeknya Menjanjikan, Ini Pilihannya

Selasa, 30 Agustus 2022 | 08:33 WIB
header img
Jurusan kuliah dengan prospek menjanjikan, menjadi incaran para pelajar. Foto: Istimewa.

SRAGEN, iNewsSragen.idJurusan kuliah yang menjanjikan prospek kerja baik dengan penghasilan tinggi. Maka meski materi kuliahnya dikenal sulit, banyak pelajar mengincar jurusan ini demi karier di masa depan.

Daftar jurusan kuliah yang terkenal sulit, namun memiliki prospek kerja yang menjanjikan:

1. Teknik Arsitektur

Menurut studi dan opini oleh beberapa pakar, jurusan arsitektur ini merupakan jurusan kuliah tersulit bahkan dari ilmu-ilmu sains.

Alasannya, karena mahasiswa arsitektur akan belajar terkait asesor untuk studi kelayakan proyek, pengelolaan bangunan dan lingkungan, bekerja di industri bahan dan elemen bangunan, dan beberapa pelajaran penting lainnya.

Walaupun termasuk jurusan kuliah tersulit, namun prospek kerja lulusan arsitektur tentunya sangat menjanjikan. Selain menjadi arsitek, jurusan ini berpeluang untuk menjadi seorang Kontraktor, Developer, Surveyor, Konsultan Arsitektur, dan lainnya.

2. Teknik Kimia

Jurusan teknik kimia mempelajari bagaimana cara memproses bahan baku menjadi sebuah produk dengan proses-proses kimia. Tak hanya itu, jurusan ini juga mempelajari gabungan kimia sains dan teknik industri.

Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai Quality Engineer, Manufacturing Engineer, Ahli Kimia, Research & Development Engineer, Process Control Engineer, dan pekerjaan lainnya. Biasanya juga dapat bekerja di berbagai instansi dan pemerintahan swasta.

3Teknik Penerbangan

Di Indonesia, jurusan ini biasa dikenal dengan jurusan teknik mesin dan dirgantara. Jurusan ini menyita banyak waktu sekitar 19 jam per minggu dalam mengerjakan tugasnya. Beberapa hal yang akan dipelajari dalam jurusan ini seperti perancangan mesin, konversi energi, teknik produksi mesin, desain hingga perawatan pesawat terbang, dan lain-lain.

Walau dikenal dengan jurusan kuliah tersulit, para lulusan jurusan ini dapat bekerja di beberapa instansi swasta maupun negeri seperti Kementrian Perhubungan Republik Indonesia, lembaga penelitian LAPAN, bidang pendidikan seperti menjadi tenaga pengajar di berbagai Universitas, dan lainnya.

4Biologi dan Sel Molekuler

Dalam perkembangan ilmu sains, jurusan ini sangatlah penting. Jurusan ini membedah bagaimana kapasitas dan bentuk-bentuk dari makhluk-makhluk hidup. Selain itu, jurusan ini pada umumnya juga akan belajar kimia, sains, matematika, biokimia, ekologi, molekuler, hingga imunologi.

Meskipun sulit, prospek kerja jurusan ini yaitu menjadi seorang Ahli Biostatistik, Ahli Biomedis, Peneliti Bioinformatika, Dosen, Research & Development, dan lainnya.

5. Ilmu Fisika Murni

Di perkuliahan, jurusan Ilmu Fisika Murni tidak hanya belajar menghitung dengan rumus, tetapi mempelajari sesuatu hal yang lebih luas. Terdapat peminatannya seperti fisika nuklir dan partikel, fisika material, fisika material terkondensasi, fisika instrumentasi elektronika, geofisika, fisika medis, dan juga biofisika. 

Peluang atau prospek kerja ini bisa menjadi ilmiah Fisika di dalam maupun luar negeri, jadi PNS, bekerja di perusahaan energi, BUMN, dan masih banyak lagi.

6. Astronomi

Jurusan yang mempelajari ilmu alam semesta ini, dikenal sulit karena banyak hal yang perlu dipelajari dan dihafalkan dalam bidang ini. Para mahasiswa akan mempelajari mengenai awan, planet, bebatuan, bintang, dan hal-hal lainnya.

Jika tertarik dengan jurusan ini, setidaknya harus memiliki minat pada kalkulus, matematika, hingga software.

Astronomi memang termasuk jurusan kuliah tersulit, namun prospek pekerjaan lulusan ini ternyata sangat luas. Mulai dari bekerja di lembaga penelitian seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika BMKG hingga Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), dan lembaga pendidikan seperti perguruan tinggi.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut