get app
inews
Aa Read Next : Diketuai Dosen IT Telkom Surabaya Gelar Penyuluhan dan Pendampingan Layanan E- Government di Sragen

Penjelasan IDI, Anak Flu Sebaiknya Tak Masuk Sekolah

Selasa, 30 Agustus 2022 | 09:24 WIB
header img
Anak sakit Sebaiknya tak sekolah (Foto: Istimewa)

JAKARTAiNewsSragen.id - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Indonesia tengah diterapkan. Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Erlina Burhan, SpP(K) mengingatkan, agar orangtua memahami kondisi anak.

Apabila sakit seperti flu atau demam, dilarang untuk berangkat sekolah. Bukan tanpa alasan, sebab virus Covid-19 lebih mudah menular dan mudah menginfeksi saat kondisi anak kurang sehat.

"Orangtua juga diminta untuk evaluasi terhadap anak adanya gejala demam atau pilek atau flu, ya, jangan masuk sekolah jangan sampai dipulangkan oleh guru dari sekolah," kata dr Erlina Burhan, SpP(K) Satgas Covid-19 IDI dikutip iNewsCilegon.id dalam Konferensi Pers Satgas Monkeypox dan Covid-19 bersama Ikatan Dokter Indonesia secara virtual.

Hal tersebut disampaikan Erlina, karena adanya kenaikan kasus. Sehingga diharapkan agar para orangtua juga dilibatkan dalam monitoring Covid-19 di Sekolah.

Erlina menambahkan, Sekolah dan orangtua bisa bekerjasama agar anak tetap terlindungi dan terjaga dari infeksi virus Covid-19 di tengah PTM.

Meskipun sudah ada SE Nomor 7 Tahun 2022 Perihal Diskresi SKB 4 Menteri, Erlina meminta, sekolah bisa menerapkan surat edaran (SE) nya dengan baik.

Kata Erlina, pihak sekolah juga harus dapat bertindak tegas dalam penerapan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak.

"Untuk PTM ini yang sudah 100% harus dimonitor sesuai SKB 4 menteri salah satu yang kami khawatirkan yaitu aturan yang sangat sempurna tapi tidak sesuai dengan yang diterapkan di lapangan. Oleh sebab itu harus ada memonitor pelaksanaan PTM sesuai dengan protokol atau ketentuan yang ada," jelasnya.

"Dimulai dari jarak tempat duduk, tempat cuci tangan, gurunya divaksin dan bila ada yang positif kemudian diliburkan sampai anak-anak diskrining positif atau tidak," ujarnya.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut