Logo Network
Network

Hancur Dimakan Rayap, BI Tak Bisa Tukar Semua Uang Puluhan Juta Rupiah Milik Samin

Joko Piroso
.
Rabu, 14 September 2022 | 17:33 WIB
Hancur Dimakan Rayap, BI Tak Bisa Tukar Semua Uang Puluhan Juta Rupiah Milik Samin
Uang Dimakan Rayap (Foto: Okezone)

SOLO, iNewsSragen.id - Bank Indonesia (BI) tak bisa tukar semua uang puluhan juta Rupiah milik penjaga SDN Lojiwetan Solo, Samin yang dimakan rayap.

Ada syarat-syarat tertentu penukaran uang di BI, terlebih lagi uang jutaan Rupiah milik Samin hancur dimakan rayap.

Padahal uang tersebut ditabung Samin untuk daftar haji bersama anak dan istrinya.

Usai uangnya dimakan rayap, Samin melaporkan kepada BI dan berharap memperoleh uang pengganti dari uang yang rusak.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Surakarta Nugroho Joko Prastowo mengatakan, BI akan mengganti uang yang rusak selama memenuhi syarat, salah satunya ukuran uang rusak minimum 2/3 dari ukuran penuh.

Menurutnya, uang yang hilang karena dimakan rayap tidak bisa ganti, namun jika uang rusak akibat dimakan rayap masih bisa diganti selama memenuhi syarat.

"Kenapa begitu, karena kalau minimum setengahnya bisa jadi malah terjadi dobel klaim. Selanjutnya, kalau uang sudah terpisah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyusun lembaran demi lembaran apakah uang ini masih berukuran 2/3 atau tidak. Tugas beratnya adalah menyusun lembaran-lembaran kecil yang terpisah," katanya seperti dilansir Antara, Rabu (14/9/2022).

Selain itu, lanjutnya, yang menyusun uang harus pemilik, karena yang menabung dari awal.

"Tidak kami lakukan, karena nanti pasti ada selisih dari waktu awal, jadi yang bersangkutan saja yang menyusun. Yang sudah disusun dibawa ke BI, selanjutnya kami cek dan tukar yang baru (selama memenuhi syarat)," katanya.

Sebelumnya, sejak tiga hari lalu Samin memiliki firasat buruk terkait uang yang ditabungnya. Oleh karena itu, ia meminta istrinya untuk segera membuka dan menghitung hasil tabungan.

Follow Berita iNews Sragen di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini