get app
inews
Aa Read Next : Gempa Terkini M5,1 Guncang Pacitan, Pusat di Laut Kedalaman 10 Km

Wilayah Jateng Masih Terancam Cuaca Ekstrem hingga Sepekan ke Depan

Senin, 10 Oktober 2022 | 11:33 WIB
header img
Foto: Ilustrasi iNews.id

JAKARTA, iNewsSragen.id - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini perihal potensi cuaca ekstrem sepekan ke depan mulai 9-15 Oktober 2022 di wilayah Indonesia, termasuk Jawa Tengah. Potensinya diperkirakan meningkat dibandingkan sepekan ke belakang.

"Waspada! Potensi cuaca ekstrem sepekan ke depan periode 9-15 Oktober 2022," tulis akun Instagram resmi BMKG, Minggu (9/10/2022). 

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, prediksi potensi cuaca ekstrem sepekan ke depan terjadi berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terkini. Terjadi adanya sirkulasi siklonik yang membentuk pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin.

Kemudian adanya pengaruh aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti Madden Jullian Oscillation (MJO) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin. Sejumlah pengaruh itulah yang secara tidak langsung dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

"Berdasarkan analisis terkini, kondisi dinamika atmosfer di wilayah Indonesia masih cukup signifikan. Berpotensi mengakibatkan peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah dalam sepekan ke depan," kata Dwikorita dalam keterangan. 

BMKG memprediksikan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir akan terjadi di wilayah sebagai berikut: Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut