get app
inews
Aa Read Next : Aksi Heroik Ibu Guru Bantu Siswa Seberangi Sungai

Ulasan 6 Manfaat Kopi, Nomor 5 Mengurangi Kerontokan Rambut

Senin, 10 Oktober 2022 | 13:04 WIB
header img
Foto: Istimewa

BONDOWOSO, iNewsSragen.id - Kopi merupakan minuman pahit namun banyak digemari orang karena rasa dan sensasi yang diberikan ketika menyeduh kopi benar-benar nikmat.

Kopi biasanya dilambangkan sebagai sebuah minuman yang akan membantu untuk menahan rasa kantuk yang dialami seseorang. Namun ternyata kopi memiliki banyak sekali manfaat, selain sebagai sebuah minuman penahan rasa kantuk saja.

Pasalnya, minuman pahit ini memiliki segudang manfaat, mulai dari manfaat kesehatan hingga manfaat bagi kulit dan juga rambut. Beragam manfaat ini bisa didapatkan karena kandungan kafein yang memang sangat berpengaruh untuk kesehatan kulit dan rambut.

Ingin tampil cerah dengan kulit yang awet muda bisa memanfaatkan kopi sebagai perawatan terbaik yang ramah dikantong namun dengan manfaat yang sangat terlihat.

Sehingga tidak heran jika banyak produk kecantikan yang menggunakan kopi sebagai bahan utama kosmetik. Baik itu produk dengan label alami maupun kimia, sebab efek yang diberikannya memang tidaklah bisa diragukan.

Manfaat Kopi untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Berbagai keluhan kulit kadang mengakibatkan seseorang menjadi tidak PD akan penampilannya, sehingga membutuhkan perawatan yang pas seperti memanfaatkan kopi sebagai produk kecantikan dan perawatan kulit.

Berikut ini beberapa manfaat kopi untuk kesehatan kulit dan juga rambut.

1. Anti Selulit

Kopi memiliki manfaat sebagai anti selulit yang akan memperbaiki warna kulit serta mengencangkan kulit. Tidak hanya pada wajah saja tetapi juga pada bagian kulit lainnya.

Menurut hasil penelitian hal ini dikarenakan kandungan bioaktif yang dimiliki, kandungan ini dapat melebarian pembuluh darah sehingga mengurangi munculnya selulit. Selain itu karena kopi merupakan antioksidan yang dapat menyamarkan warna kulit agar tampak lebih cerah.

2. Eksfoliasi Kulit

Sel kulit mati dapat menyebabkan kulit menjadi kusam, sehingga harus diatasi sesegera mungkin menggunakan kopi.

Dilansir pada laman penn Medicine kopi merupakan salah satu bahan eksfoliasi yang paling efektif untuk digunakan. Dengan menggunakan kopi maka selain mengangkat kulit mati juga dapat membuat kulit lebih bersih dan lebih cerah.

3. Mengurangi Mata Panda

Salah satu hal yang dapat merusak rasa percaya diri dan penampilan pada wajah adalah mata panda. Kopi selain dapat membuat mata tidak mengantuk juga bisa mengurangi lingkaran hitam pada mata yang disebut mata panda.

Sifat diuretik pada kopi bisa secara alami menarik cairan dari wajah sehingga tampilan disekitar kulit mata menjadi lebih baik.

4. Mencegah Penuaan Pada Kulit

Manfaat kopi yang lain yakni mampu mencegah penuaan pada kulit karena memiliki kandungan antioksidan yang akan menangkal radikal-radikal bebas yang akan mempercepat penuaan dini.

Penggunaan kopi bisa memperlambat penuaan sebagai fungsi anti aging yang sangat efektif, digunakan dengan cara digosokkan pada kulit.

5. Mengurangi Kerontokan

Tidak hanya bermanfaat untuk kulit saja tetapi juga bermanfaat untuk rambut dalam hal ini mengurangi kerontokan.

Caranya dengan menggosokkan kopi ke bagian rambut yang sudah dibasahi sebelumnya sambil dipijit kemudian dibilas maka Anda bisa merasakan manfaatnya secara langsung.

6. Membuat Rambut Lebih Lembut Dan Berkilau

Menggunakan kopi sebagai masker rambut bisa membuat rambut menjadi tampak lebih lembut, mengatasi kekusaman, lebih sehat dan juga berkilau.

Hal ini karena adanya kandungan flavonoid yang merupakan zat antioksidan pendorong terjadinya regenerasi rambut. Selain beberapa manfaat tersebut juga kopi mampu membuat rambut selalu tampak lembab sehingga memancarkan kilauan rambut sehat.

 

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut