get app
inews
Aa Read Next : Menghadapi Tantangan MPASI,  Para Ibu Wajib Tahu

Sering Terjadi, Begini 5 Cara Obati Puting yang Lecet

Rabu, 12 Oktober 2022 | 16:55 WIB
header img
Foto: Istimewa

1. Memijat Puting dengan Lembut

Cara mengobati puting yang lecet bisa dengan melakukan pijatan lembut. Lakukan pijatan di sekitar area puting untuk membantu penyumbatan berkurang. Anda bisa memberi sedikit tekanan pada area belakang puting yang lecet. Meski begitu, Anda disarankan untuk tetap berhati-hati saat memijat. Sebaiknya jangan memijat terlalu keras, karena bisa memperparah rasa sakit pada puting.

2. Kompres Air Hangat

Cara mengobati puting yang lecet selanjutnya dengan cara kompres air hangat. Anda bisa merendam handuk atau kain yang lembut dengan air hangat, kemudian mengompresnya ke payudara saat hendak menyusui. Melansir dari Medical News Today, kompres air hangat juga membantu membersihkan area puting dan meningkatkan produksi ASI. 

3. Menggunakan Pelembab Alami

Beberapa pelembab alami bisa Anda gunakan sebagai cara mengobati puting yang lecet. Mulai dari minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak almond. Selain itu, ibu dapat menggunakan tea tree oil yang mengandung antiseptik, sehingga mampu mengobati puting lecet lebih cepat. Kandungan tersebut dapat mencegah masalah lain yang dapat menghambat pemulihan puting yang sakit.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut