get app
inews
Aa Read Next : Tanpa Dipungut Biaya, 960 Pemudik Asal Solo Ikut Program BPKH Balik Kerja

Begini Kronologi Kubah Masjid Raya JIC Runtuh saat Terbakar, Ternyata..

Kamis, 20 Oktober 2022 | 15:53 WIB
header img
Kubah Masjid Jakarta Islamic Centre (JIC) runtuh saat terbakar pada Rabu (19/10/2022) sore. (Foto: Istimewa/Instagram)

JAKARTA, iNewsSragen.id - Kebakaran hebat melanda Masjid Raya Jakarta Islamic Center, Koja, Jakarta Utara pada Rabu (19/10/2022) menyisakan kengerian bagi warga sekitar. Pasalnya, kebakaran itu menyebabkan kubah masjid tersebut runtuh.

Humas Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC), Paimun Karim, menjelaskan awal mula renovasi masjid yang diduga menjadi penyebab kebakaran.

"Penyebab kebakaran diduga dari aktivitas pekerjaan perbaikan kubah. Sebab per tanggal 26 Agustus 2022, Masjid Raya JIC sedang dalam masa renovasi yang dikerjakan oleh PT Dwi Agung Sentosa Pratama yang ditunjuk oleh PT Mitra Sindo Makmur berdasarkan surat nomor 017/MSM/VIII/2022. Tertanggal 19 Agustus 2022," kata Karim, Kamis (20/10/2022). 

Dia mengatakan, Masjid Raya JIC mengalami kebakaran setelah salat Asar sekitar pukul 15.15 WIB. Api pertama kali membakar dari sisi barat kubah Masjid JIC. 

Namun angin yang bertiup kencang membuat api dengan cepat membakar bagian lain dari badan kubah Masjid JIC. Dalam waktu kurang satu jam, kubah utama Masjid Raya JIC rubuh ke lantai dua, dan reruntuhannya juga sampai ke lantai satu bangunan Masjid Raya JIC. 

"Cepatnya runtuh kubah juga mungkin disebabkan oleh berat beban 12 lampu kipas khas Betawi dengan berat 1 ton," kata dia.

Lalu untuk mengatasi kebakaran Masjid JIC, pihaknya memanggil 21 unit mobil pemadam kebakaran dari Jakarta Utara. Api berhasil dipadamkan pada pukul 17.00 WIB. 

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut