get app
inews
Aa Read Next : Viral Penganiayaan Pelajar di SMAN 12 Bungo Jambi, Korban Dibanting dan Ditendang dalam Kelas

Kisah Misteri Batu Raksasa di Kampung Cibatu Luh saat Gempa Dahsyat Cianjur

Rabu, 23 November 2022 | 18:17 WIB
header img
Tangkapan layar media sosial

CIANJUR, iNewsSragen.id – Sebuah batu besar di Kampung Cibatu Iuh, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, beberapa waktu lalu viral di media sosial dan menjadi perbincangan warganet karena ukurannya yang sangat besar. Batu itu dikenal sebagai Batu Iuh dan sudah ada sejak dulu kala.

Akibat diguncang gempa m5,6, di Cianjur ratusan warga meninggal dunia. Sementara belasan ribu warga mengungsi akibat rumah mereka luluh lantak diguncang gempa.

Sedari dulu, Batu Iuh dipakai warga untuk berteduh atau beristirahat yang akan atau setelah berjualan. Bahkan, nama kampungnya dinamakan Kampung Cibatu karena batu itu sering digunakan untuk berteduh.

Batu ini memiliki tinggi 15 meter dan berada di kemiringan sekitar 40 derajat. Namun, batu raksasa ini tahan terhadap gempa.

Saat gempa bumi pada 2009 di Tasikmalaya yang bermagnitudo 7,4, itu tidak membuat batu tersebut bergeser sedikit pun. Padahal saat itu, beberapa titik di wilayah sempat longsor dan menimbun sejumlah warga.

Tak hanya itu, batu ini memiliki mitos yang diyakini masyarakat di sana. Bahwa, batu tersebut merupakan jelmaan ular buntung dan peliharaan sosok yang memiliki tubuh tinggi serta besar.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut