get app
inews
Aa Read Next : Warga PSHT di Jateng Hendaknya Ikut Berperan Aktif dalam Tugas Bela Negara

Krisis Pesinden di Indonesia, Pepadi Gelar Lomba Sinden Muda Tingkat Nasional

Senin, 26 Desember 2022 | 08:25 WIB
header img
Belasan sinden muda yang tampil dalam lomba Sinden Muda Tingkat Nasional di Ndayu Park, Sragen, Minggu (25-12-2022).Foto: iNews/Joko Piroso

Ketua Pepadi Jawa Tengah, Untung Wiyono dan Ketua I Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi), Mulyono Purwowijoyo. Foto: iNews/Joko Piroso

Sementara Ketua Pepadi Jawa Tengah, Untung Wiyono mengatakan, selain menggelar lomba sinden muda, selama ini juga rutin digelar festival dalang setahun sekali.

Ini semua merupakan program dari Pepadi untuk terus memupuk budaya Jawa agar diminati generasi muda.

Ada beberapa kriteria peserta lomba sinden muda, yakni usia di bawah 30 tahun dan belum terkenal di kancah nasional, katanya.

Ditambahkan Untung Wiyono, kurangnya minat generasi muda untuk menjadi pesinden ini merupakan tanggungjawab bersama antara pemerintah dan seluruh stakeholder termasuk Pepadi.

Pemerintah bersama Pepadi harus kolaborasi membuat program atau terobosan agat generasi muda menyukai dan meminati dunia wayang sebagai budaya warisan yang adiluhung.

Untung mengaku sudah memelopori terobosan untuk menarik minat generasi muda terhadap budaya Jawa dengan mendirikan sanggar budaya di Ndayu Park.

Sanggar yang didirikan sudah dilengkapi dengan perangkat gamelan dan wayang. Siapapun generasi muda bisa datang ke Ndayu Park untuk belajar dalang, sinden, atau penabuh gamelan.

Kami mendidik secara gratis, tidak ada biaya sepeserpun bagi generasi muda yang ingin belajar. Alhamdulilah banyak yang tertarik, bahkan didominasi siswa SD yang belajar di sanggar budaya Ndayu Park, pungkasnya.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut