get app
inews
Aa Read Next : Grand Final Diikuti 10 Pasangan, Rangga-Athalia Raih Gelar Mas dan Mbak Duta Wisata Sukoharjo

Puskesmas Sukoharjo Sosialisasi Bahaya Konsumsi Es Ciki Ngebul, Sasarannya Siswa Sekolah

Selasa, 10 Januari 2023 | 19:22 WIB
header img
Puskesmas Sukoharjo bersama Forkopimcam melakukan sosialisasi di sekolah tentag bahaya mengkonsumsi es ciki ngebul yang mengandung nitrogen cair. Foto: iNews/Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Merespon kejadian puluhan siswa di Jawa Barat keracunan es ciki ngebul, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Jawa Tengah, bergerak cepat melakukan langkah pencegahan dengan sosialisasi ke sekolah-sekolah.

Salah satunya dilakukan oleh Puskesmas Sukoharjo bersama Forkopimcam mendatangi SMP Negeri 1 dan 2 untuk sosialisasi kepada para siswa tentang bahaya mengkonsumsi jajanan es ciki ngebul yang berbahan dasar nitrogen cair.

Tidak hanya es ciki ngebul saja, dalam kesempatan itu juga diminta kepada para siswa agar tidak sembarangan membeli jajanan makanan yang dijual disekitar sekolah.

"Karena di wilayah sini banyak jajanan makanan anak-anak sehingga kami bergerak bersama-sama melakukan sosialisasikan, dan alhamdulillah tidak ditemukan makanan yang mengandung nitrogen," kata Camat Sukoharjo, Havid Danang, Selasa (10/1/2023).

Dalam kegiatan itu, sejumlah pedagang yang mangkal di dekat sekolah juga tak luput dari sasaran sosialisasi agar tidak menjual jajanan yang mengandung bahan kimia berbahaya. 

"Kamu informasikan pada adik-adik agar menginformasikan pada temannya, sanak saudara, agar tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung nitrogen tersebut dikarenakan memang berbahaya bagi kesehatan," imbaunya.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut