get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Pemotor Meriahkan Safety Riding GP Ansor Sragen Bersama Kapolda Jateng

540 Kasus Aktif LSD di Sragen, Kabid Kesehatan Hewan: Siapkan Obat

Selasa, 24 Januari 2023 | 23:33 WIB
header img
Sapi Peternak di Desa Bedoro, kecamatan Sambungmacan, Sragen mati mendadak. Foto: iNews/Joko P

SRAGEN, iNewsSragen.id - Ratusan sapi di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah yang diduga terjangkit Penyakit LSD membuat para peternak resah. Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sragen cukup intens untuk mengantisipasi wabah Lumpy Skin Disease (LSD). Pencegahan ini diharapkan menekan angka kematian pada Sapi.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sragen drh. Toto Sukarno mengatakan, menurut data Senin tercatat ada 5 Kematian Sapi.

Dua diantaranya masih pedet atau anak sapi. Sedangkan 3 lainnya sapi dewasa. Sedangkan jumlah kasus terlapor berdasarkan Senin (23/1) sejumlah 540 kasus aktif dari total 552 kasus.

Toto menjelaskan, dua kasus pedet di Kawasan Kecamatan Sukodono, Satu Sapi dewasa di Sukodono, Satu sapi di Miri dan Satu sapi di Sambungmacan. ”Jadi induknya kena LSD, anaknya terpapar dan Mati,” katanya Selasa (24/1).   

Toto menambahkan, terkait pengobatan sementara penanganan hanya spot-spot laporan dari peternak. Sedangkan untuk massal, di Sragen diperkirakan ada 90 ribu ekor sapi. Sehingga kebutuhan sekitar Rp 4,5 miliar.  

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut