get app
inews
Aa Read Next : Jamin Keselamatan Mahasiswa, UAS Gandeng BPJS Ketenagakerjaan Berikan Perlindungan

Dibuka Wawali Kota Solo, Diskusi FBM Soroti Lemahnya Pelestarian Cagar Budaya di Indonesia

Sabtu, 28 Januari 2023 | 20:56 WIB
header img
Wawali Kota Solo Teguh Prakosa bersama Ketua Umum FBM BRM Kusumo Putro, dan Ketua Yayasan Karya Dharma Pancasila Anggoro Panji Nugroho, memukul kentongan menandai pembukaan diskusi budaya. Foto: iNews/Nanang SN

SOLO, iNewsSragen.id - Yayasan Forum Budaya Mataram (FBM) kembali menggelar diskusi dengan tema “Menyorot Lemahnya Pelestarian Obyek/ Benda Cagar Budaya di Indonesia," bertempat di kampus UNDHA AUB Surakarta, Sabtu (28/1/2023).

Kegiatan yang diikuti sekira 100 peserta dari berbagai kalangan, seperti pemerhati, pelaku, dan pakar budaya ini, dibuka langsung oleh Wakil Wali (Wawali) Kota Solo, Teguh Prakosa, ditandai dengan memukul kentongan.

"Kalau kita bicara budaya, itu artinya kita bicara tentang sejarah. Kita bersyukur lahir di Kota Solo yang menjadi pusat budaya, tidak hanya ditingkat lokal tapi sudah sampai internasional," kata Teguh dalam sambutannya.

Teguh yang lama tinggal di dalam kawasan   Keraton Solo ini, banyak menyampaikan pandangannya tentang sejarah keraton yang secara tidak langsung membentuk karakter budaya masyarakat Solo.

"Obyek-obyek yang sekarang ini masih ada, itu merupakan simbol - simbol budaya. Ada  benda dan tak benda. Itu semua dilindungi oleh UU Nomor 11 Tahun 2010 tentang cagar budaya," sebut Wawali.

Sebelumnya, Ketua Umum FBM BRM Kusumo Putro menyampaikan, melalui diskusi kali ini pihaknya ingin membangun semangat kebersamaan dalam menjaga warisan bangsa.

"Segala kekurangan dalam upaya penyelamatan obyek atau benda cagar budaya, hendaknya tidak mengurangi semangat kecintaan kita terhadap budaya warisan bangsa," kata Kusumo.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut