get app
inews
Aa Read Next : Maestro Wayang Pendukung Capres-Cawapres Ganjar-Mahfud MD, Blacius Subono Meninggal saat Kampanye

Tingkatkan Sumber Daya Manusia, Seniman dan Pekerja Parekraf Didorong Punya Sertifikasi

Rabu, 01 Maret 2023 | 21:21 WIB
header img
Sosialisasi Pariwisata Nusantara dan Ekonomi Kreatif bagi seniman dan pekerja di Sragen, Rabu (1/3/2023). Foto: iNews/Joko P

SRAGEN, iNewsSragen.id – Untuk meningkatkan Sumber Daya manusia (SDM), para seniman dan pekerja sektor pariwisata perlu didorong untuk proses standarisasi dan sertifikasi. Langkah-langkah  tersebut dilakukan dalam bentuk sosialisasi yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Direktur Standarisasi Kompetensi Kemenparekraf, Titik Lestari saat berkunjung ke Sragen mengatakan, harus ada upaya mengembangkan SDM yang berstandar dan punya kompetensi. Sehingga Pekerja wisata dan pelaku Ekonomi Kreatif memiliki standar sesuai Standar Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

”Misalnya untuk Ekraf bidang fotografi ada standarnya. Dari SKKNI ini akan disusun dengan berkolaborasi bersama asosiasi, industri, perguruan tinggi dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), kepanjangan tangan dari Badan Nasional Standar Profesi (BNSP). Selanjutnya turunan dibuat modul. Baru dilakukan pelatihan dan uji kompetensi,” katanya.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut