get app
inews
Aa Read Next : Kesaktian Sultan Agung, Bisa Pergi Secepat Kilat Sujud di Makkah Setiap Hari Jumat

Begini Intrik Pergantian Raja Mataram Pasca Sultan Agung Lengser

Sabtu, 29 April 2023 | 07:25 WIB
header img
Peninggalan Kerajaan Mataram. Foto: Dok

PENUNJUKAN pengganti Sultan Agung di Kerajaan Mataram konon diwarnai intrik antar sesama putranya. Setelah Sultan Agung bertahta, penguasa Mataram jatuh ke tangan Sultan Amangkurat I atau yang dikenal juga sebagai Sultan Amangkurat Tegalwangi

Sultan Amangkurat I pun naik tahta sebagai raja keempat Kerajaan Mataram menggantikan ayahnya. Menariknya Amangkurat I atau Amangkurat Tegalwangi ini bukanlah anak tertua dari Sultan Agung. Padahal sebagaimana lazimnya pewaris tahta raja biasanya adalah anak tertua dari ayahnya. 

Sosok Sultan Amangkurat I sendiri merupakan anak kesepuluh dari Sultan Agung. Ia juga anak kedua dari permaisuri kedua bernama Raden Ayu Wetan atau yang dikenal Ratu Wetan. Sedangkan permaisuri pertamanya bernama Kanjeng Ratu Kulon atau Ratu Kulon

Permaisuri pertama itu disebut H.J. De Graaf dalam bukunya "Disintegrasi Mataram : Dibawah Mangkurat I", memiliki nama Ratu Emas Tinumpak sebagaimana disebut juga pada naskah yang tersimpan dalam KITLV. Tetapi setelah melahirkan putranya, Raden Mas Sahwawrat, ia diusir dari keraton entah karena alasan apa.

Setelah itu tempatnya diisi oleh permaisuri yang kedua. Sementara asal-usul permaisuri pertama tidak disebut, asal-usul yang kedua diketahui. Ia seorang putri keturunan Kerajaan Batang. Versi lain ada yang menyebut ia berasal Kerajaan Cirebon. Selanjutnya setelah permaisuri yang pertama keluar meninggalkan keraton gelarnya sebagai Raden Ayu Wetan digantikan oleh Kanjeng Ratu Kulon. 

Putra permaisuri kedua Sultan Agung yang tertua lahir sekitar tahun 1619. Anak ini mula-mula diberi nama Raden Mas Sayidin, jadi nama Arab. Lalu diberi nama Jibus, kemudian Rangkah yang berarti semak berduri, tutup batas. Sosok inilah yang konon akhirnya menjadi Sultan Amangkurat I setelah ia naik tahta sebagai raja. 

Putra kedua Ratu Kulon atau permaisuri pertama Sultan Agung disebut dalam cerita-cerita tutur tradisional dan Sadjarah Dalem sebagai Raden Mas Alit atau Pangeran Alit, tetapi ada versi lain yakni versi Van Goens yakni Raden Ageng. Tetapi ada yang meyakini bahwa nama sebenarnya adalah Raden Mas Sahwawrat. 

Gejolak di istana Mataram masih tinggi pasca pengusiran permaisuri pertama Sultan Agung. Konon anak dari permaisuri kedua yang bernama Sultan Amangkurat I ini memiliki tabiat yang buruk. Ia bahkan sempat dikabarkan menculik istri tercantik Tumenggung Wiraguna, panglima perang Kerajaan Mataram. 

Alhasil para pendukung Pangeran Alit dan adik-adiknya meminta Sultan Agung agar menjatuhkan sanksi kepada Raden Mas Sayyidin atau Sultan Amangkurat I. Bahkan beberapa petinggi Mataram seperti Tumenggung Danupaya meminta hak-hak putra mahkota Sultan Amangkurat I dicabut dan diberikan ke Pangeran Alit. 

Harapan yang sia-sia, Sultan Agung justru memarahi kedua belah pihak, tetapi mempertahankan putra mahkotanya. Namun Sultan Agung sempat membuang Sultan Amangkurat I beberapa waktu dari keraton. 

Tetapi akhirnya, lutra mahkota setelah itu kembali menerima bimbingan dari gurunya, Tumenggung Mataram yang tua itu. Tumenggung Wiraguna yang dalam keadaan marah membunuh istrinya yang dikembalikan oleh putra mahkota, diberi peringatan keras oleh Raja, tetapi tidak dihukum. 

Bahkan ketika Sultan Agung mulai menderita sakit, ia menyiapkan Sultan Amangkurat I atau Raden Mas Sayyidin sebagai penggantinya. Sultan Agung bahkan meminta dukungan Tumenggung Wiraguna yang sempat istrinya dibawa lari oleh Raden Mas Sayyidin agar menyukseskan tampuk pergantian kekuasaan itu.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut