get app
inews
Aa Read Next : Gawat, Ilmuwan Prediksi Bakal Ada Virus Mematikan Melebihi Covid-19, Simak Penjelasannya!

5 Hewan Hasil Kloning Rekayasa Peneliti dan Ilmuwan

Selasa, 09 Mei 2023 | 11:27 WIB
header img
Para peneliti di The Roslin Institute mengumumkan keberhasilan hewan kloning mamalia pertama, yaitu domba bernama Dolly. Foto: Ilustrasi/Unsplash/Okezone

JAKARTA, iNewsSragen.id - Ada beberapa hewan kloning yang berhasil diciptakan oleh para peneliti dalam sejarah. Metode kloning umumnya digunakan untuk menyelamatkan spesies langka yang terancam punah.

Sebagai contoh, para peneliti di The Roslin Institute mengumumkan keberhasilan kloning mamalia pertama, yaitu domba bernama Dolly. Pada tahun 2005, peneliti Korea Selatan juga berhasil mengkloning serigala abu-abu yang terancam punah.

Di Korea, sekelompok peneliti juga melakukan percobaan kloning pada anjing. Pada tahun 2005, hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature menunjukkan bahwa anjing yang diberi nama Snuppy berhasil dikloning dari sel kulit anjing Afghan.

Sebelum munculnya kloning monyet rhesus, eksperimen pertama dilakukan terhadap domba Dolly pada tahun 1996 oleh tim dari Institut Roslin di Universitas Edinburgh, Skotlandia. Dolly dikloning dari sel-sel domba dewasa dan keberhasilan eksperimen ini menjadi awal dari praktik kloning lainnya.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut