get app
inews
Aa Read Next : Siap Bertugas di Pilkada, 60 PPK Hasil Seleksi Dilantik KPU Sukoharjo

Padam setelah 12 Jam, 9 Motor Hangus Pasca Gudang Kain di Sukoharjo Terbakar

Jum'at, 18 Agustus 2023 | 19:20 WIB
header img
Petugas Damkar gabungan dari Solo Raya memadamkan api yang meluluhlantakan gudang kain di Manang, Grogol, Sukoharjo.Foto:iNews/ Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Gudang kain milik CV Setia Karya di Jalan Songgobumi, Desa Manang, Grogol, Sukoharjo, kini hampir rata dengan tanah usai kebakaran hebat.

Tidak korban jiwa, namun kobaran api baru dapat dipadamkan setelah Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Sukoharjo dibantu dari Solo, Wonogiri, Boyolali, dan Klaten berjibaku hampir 12 jam lamanya.

Laporan kejadian diterima pada, Kamis (17/8/2023) pukul 15.55 WIB, penanganan pemadaman baru bisa dipastikan selesai pada, Jum'at (18/8/2023) sekira pukul 02.21 WIB.

Oleh pihak kepolisian, di lokasi kebakaran tersebut telah dipasang police line guna penyelidikan lebih lanjut oleh Tim Inafis untuk mengetahui penyebabnya.

Komandan Damkar Satpol PP Sukoharjo, Margono, mengungkapkan, kebakaran gudang kain pada hari peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI itu telah mengakibatkan isi gudang berupa kain bahan pakaian ludes tanpa sisa.

"9 unit sepeda motor, 1 unit mobil bak terbuka, dan 2 unit truk engkel, hangus. Untuk sepeda motor berada di dalam gudang, sedangkan mobil dan truk terparkir di depan pintu gudang. Tidak ada aset yang bisa diselamatkan," jelas Margono, Jum'at (18/8/2023).

Berdasarkan laporan saksi mata, penyebab kebakaran diketahui dari percikan api truk yang terparkir di dalam gudang yang memiliki luas sekira 1.000 meter persegi itu. Untuk kepastiannya masih diperlukan penyelidikan lebih lanjut oleh kepolisian.

"Awal mula kejadian sekira pukul 15.30 WIB, ada seorang pekerja di pabrik sablon sebelah gudang yang terbakar, mendengar suara 'pletek-pletek' (berderak-Red). Saat dilihat melalui pagar, ia melihat truk dan mobil bak terbuka sudah diselimuti api," ujar Margono.

Dalam penanganan kebakaran tersebut, Damkar Sukoharjo mengerahkan 5 unit armada, dibantu 1 unit dari Karanganyar, 1 unit dari Boyolali, 2 unit dari Kota Solo, 1 unit dari Klaten, 1 unit dari Wonogiri, dan 1 unit tangki suplai dari PMI Kota Solo.

Sebelumnya Kapolres Sukoharjo AKBP Sigit saat memantau upaya pemadaman di lokasi pada Kamis malam, menyampaikan apresiasinya kepada petugas Damkar dari berbagai daerah dan relawan kemanusian yang telah mengambil bagian untuk membantu memadamkan api.

"Untuk penyelidikan penyebab kebakaran, Dari Tim Inafis akan turun ke lokasi. Saat ini sudah terpasang garis polisi untuk mengamankan TKP (Tempat Kejadian Perkara)," pungkas Kapolres.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut