get app
inews
Aa Read Next : Kebakaran Lapak Mobil Bekas di Purbayan Pinggir Rel Kereta Api, 2 Mobil Hangus 

Heboh Ujian Skripsi Dihapus, UMS Klaim Lebih Dulu Melaksanakan

Jum'at, 08 September 2023 | 18:25 WIB
header img
Kegiatan kampus UMS di halaman gedung induk Siti Walidah.Foto:iNews/ Istimewa

"Dengan penekanan yang desain OBE, kompetensi holistik dan talenta inovasi otomatis bobotnya, porsinya, 65% sampai 70%. Ini upaya kami dalam menaikkan kompetensi holistik supaya mahasiswa memiliki untuk hidup, kehidupan dan penghidupan serta kompetensi holistik, yang ditutup dengan kompetensi berkehidupan bermasyarakat," tegasnya.

Terpisah, Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Abdul Mu’ti, mengungkapkan bahwa kebijakan penghapusan skripsi itu sebenarnya bukan hal baru. Artinya, skripsi tidak lagi menjadi kewajiban.

“Menulis skripsi, tesis, maupun disertasi tidak lagi menjadi kewajiban, sebetulnya tidak terlalu baru. Di banyak negeri seperti Malaysia, Turki, Australia dan negara lain sudah tidak menempatkan skripsi sebagai bagian dari tugas yang harus dilakukan mahasiswa sebagai prasyarat kelulusan,” paparnya.

Menurutnya, perihal skripsi di banyak negara sudah tidak menjadi syarat mutlak. Sehingga mahasiswa tidak perlu menulis skripsi, tetapi membuat kertas kerja atau produk ilmiah dalam bentuk lain yang bobotnya sama dengan skripsi.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut