get app
inews
Aa Read Next : Program BIPA UMS, Guru Kesenian Australia Takjub Diajak Belajar Gamelan Jawa

OPINI: Belajar Seni Era Teknologi Digital?

Senin, 25 September 2023 | 17:44 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: digitalbisa.id)

SRAGEN, iNewsSragen.id - OPINI: Perkembangan zaman saat ini sudah tidak bisa dihindarkan lagi. Seperti jarum jam yang selalu berputar, berkembangnya ilmu pengetahuan, teknologi akan terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Adanya perkembangan tersebut mengakibatkan munculnya kesadaran masyarakat untuk dapat beradaptasi dengan perubahan yang ada. Kesadaran tersebut memicu pandangan masyarakat untuk meningkatkan kualitas diri dalam penguasaan akan pengetahuan dan teknologi.

Perubahan akan teknologi yang semakin canggih memberikan masyarakat kemudahan akan akses informasi melalui sarana digital. Dengan begitu saat ini muncullah era teknologi digital di mana aktivitas manusia banyak memanfaatkan sistem digital dan mulai meninggalkan sarana manual.

Teknologi digital banyak memberikan kemudahan, kenyamanan, serta efisiensi yang signifikan. Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi digital memberikan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Hal ini karena teknologi digital mengubah cara kita dalam berkomunikasi, bekerja, belajar serta bagaimana cara menjalani kehidupan sehari-hari.

Contoh kemudahan yang ditawarkan dengan adanya teknologi antara lain akses informasi yang lebih cepat dan mudah, kemudahan melakukan komunikasi dengan siapa saja dalam waktu yang singkat, di bidang ekonomi banyak munculnya e-commerce, teknologi digital telah mengubah cara kita berbelanja dengan berbagai kemudahan seperti pembayaran elektronik, pengiriman cepat, dan rekomendasi produk yang disesuaikan, di bidang pendidikan banyak platform pembelajaran berbasis teknologi untuk memberikan akses pendidikan yang lebih luas, serta masih banyak lagi. 

Era teknologi digital yang akan selalu berdampingan dengan kehidupan masyarakat, saat ini juga memiliki dampak pada bidang pendidikan yakni pada proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang dulunya cenderung lebih pasif karena hanya berfokus pada isi materi serta menggunakan proses berpikir yang abstrak, kini pembelajaran dihadirkan dengan adanya proses belajar didasarkan pada suatu masalah secara kontekstual di mana peserta didik juga diberikan kebebasan untuk memanfaatkan berbagai sumber belajar.

Hal ini juga berlaku pada pembelajaran seni, di mana dulu belajar seni hanya difokuskan pada kemampuan berkarya pada peserta didik, sekarang lebih berorientasi pada mendapatkan pengalaman seni dalam berekspresi pada karya.

Association for Educational Communications and Technology (AECT, 2004) menyampaikan bahwa teknologi pendidikan adalah studi dan praktik etis dalam upaya memfasilitasi belajar serta meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, mengelola proses dan sumber teknologi yang tepat. Di mana sekarang teknologi digital dalam pendidikan tidak hanya dimanfaatkan sebagai alat pembelajaran namun juga media multidimensi. Dengan adanya teknologi digital, berbagai platform dan ragam teknologi yang dapat di manfaatkan dalam pembelajaran. 

Pada tahun 2020 dibuktikan ada 59,33% siswa yang menggunakan internet. Angka ini tumbuh pesat dari 33,98% pada 2016. Peningkatan pengguna internet tersebut terjadi di semua jenjang pendidikan, terutama di kalangan SD/sederajat. 

Dalam kurun waktu dua tahun, siswa SD yang mengakses internet meningkat menjadi 35,97% pada 2020 dari sebelumnya 16,64% pada 2018. Sementara jenjang pendidikan lain, yakni SMP/sederajat menjadi 73,4%, SMA/sederajat 91,01%, dan perguruan tinggi 95,3%. Dari data tersebut dapat dibuktikan bahwa penggunaan teknologi digital selalu meningkat pada pelajar sebagai salah satu sumber belajar 
Teknologi digital seharusnya dimanfaatkan dengan sebaik mungkin dengan adanya kemudahan akses yang diberikan.

Belajar seni dengan mengikuti perkembangan yang ada tidak hanya berguna untuk meningkatkan minat dan motivasi kita terhadap suatu seni. Namun, belajar seni pada perkembangan zaman yang teramat pesat ini juga menjadi upaya yang dapat kita lakukan sebagai generasi muda untuk terus melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia.

Keberagaman seni di Indonesia yang melimpah ini apabila tidak diteruskan dan dilestarikan semakin lama akan semakin hilang ditelan peradaban. Karya-karya seni para seniman yang sudah tersebar luas di teknologi digital mengupayakan agar belajar mengenai seni juga bisa dikembangkan dengan kecanggihan teknologi yang ada. Contohnya kini banyak tersebar di platfrom-platfrom banyak ditampilkan pertunjukan-pertunjukan seni yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja.

Namun, pada kenyataannya tantangan yang perlu dihadapi dalam pembelajaran seni tidak bisa dikatakan sepele. Mulai dari sarana dan prasaran yang kadang tidak memenuhi kebutuhan proses pembelajaran seni, kemampuan guru dalam membelajarkan seni juga masih terbatas. Di samping itu juga masih maraknya anggapan bahwa pembelajaran seni bukan merupakan suatu pelajaran yang penting untuk dikuasai di mata masyarakat menjadikan pembelajaran seni sering kali disepelekan. 

Untuk itu, pendidik harus memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menghadirkan hal-hal yang menarik agar, peserta didik tertarik untuk belajar seni. Teknologi digital seakan menjadi angin segar bagi keresahan tersebut. Kemudahan akses informasi dengan pemanfaatan sistem digital dengan bebas memberikan solusi bahwa belajar dapat bersumber dari mana saja. 
Nah, jadi belajar seni juga dapat dihadirkan dengan cara-cara yang lebih menarik dan menyenangkan.

Mari kita hilangkan pandangan belajar seni untuk orang yang punya bakat dan minat saja di bidang seni. Teknologi digital membantu mengembangkan kreativitas serta minat belajar seni dalam cara yang lebih mudah dan beragam. Teknologi digital dapat digunakan untuk menjelajahi berbagai gaya, teknik serta media dalam belajar seni.

Dengan pemanfaatan teknologi digital, peserta didik dapat mengakses berbagai fitur yang mendukung pembelajaran seni yang lebih menarik dan cocok dengan gaya serta kebutuhan belajarnya, contohnya pembelajaran seni musik peserta didik dapat meningkatkan keterampilan bermusik lewat media yang menghadirkan fitur musik serta sekarang banyak fitur-fitur yang mendukung belajar bermusik.  Hal tersebut juga berlaku untuk belajar seni di bidang tari, teater, bahkan seni rupa atau keterampilan.

Dengan era teknologi digital semakin canggih dan dengan kemudahan akses informasi di segala bidang, ayo manfaatkan untuk belajar seni dengan sebaik-baiknya, gali informasi dan pengetahuan yang kamu miliki sebanyak-banyaknya dan cari gaya belajar yang cocok dengan kebutuhan belajar kamu.

 

Penulis:

1. Namira Wahani (Mahasiswa PGSD UNNES) 

2. Dr. Eka Titi Andaryani, S.Pd., M.Pd (Dosen Seni Musik Prodi PGSD FIPP UNNES)

Editor : Sugiyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut