Dengan pemilihan warna yang tepat, anak-anak dapat mengekspresikan perasaan dan emosi mereka melalui seni mereka, sambil memahami bagaimana warna dapat memengaruhi suasana hati dan pesan yang ingin mereka sampaikan.
Dengan memanfaatkan pemahaman tentang teori psikologi warna, mahasiswa PGSD dapat lebih peka terhadap penggunaan warna dalam lingkungan kelas, materi pelajaran, dan interaksi dengan siswa. Mereka dapat mengadopsi pendekatan yang lebih holistik dalam mendidik anak-anak, serta memungkinkan mereka untuk merespons secara lebih baik terhadap kebutuhan emosional siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih positif.
Pemahaman ini membantu mahasiswa PGSD menjadi guru yang lebih efektif dalam membantu anak-anak mengembangkan potensi mereka tidak hanya dalam aspek akademis, tetapi juga dalam aspek emosional dan sosial.
Penulis:
1. Lintang Kirana Leokiss Wijaya (Mahasiswa S1 PGSD FIPP UNNES)
2. Dr. Eka Titi Andaryani, S.Pd., M.Pd (Dosen PGSD FIPP UNNES)
Editor : Sugiyanto