get app
inews
Aa Read Next : Siap Awasi Pilkada, Bawaslu Sukoharjo Buka Rekrutmen Panwaslu Kecamatan Gunakan 2 Pola

Limbah Ciu di Sukoharjo Diduga Cemari Sungai, Warga Keluhkan Pusing dan Sesak Nafas

Selasa, 24 Oktober 2023 | 17:35 WIB
header img
Warga Desa Pranan, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, mengecek Kali Samin yang mengeluarkan bau tidak sedap diduga akibat pembuangan limbah industri ciu.Foto:iNews/ Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Sejak beberapa hari terakhir, warga Desa Pranan, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, mengeluhkan bau tidak sedap yang tercium dari aliran Kali Samin yang merupakan anak Sungai Bengawan Solo.

Warna airnya menghitam diduga karena tercemar limbah ciu dari sejumlah industri minuman distilasi alkohol khas Sukoharjo. Bau dan perubahan warna sungai terjadi sejak Bendung Colo dikeringkan untuk pemeliharaan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Desa Pranan, Jigong Sarjanto, bahwa akibat dari bau limbah industri ciu tersebut menyebabkan warga di 3 RW yakni RW 2, 3 dan 4 mengeluhkan bau dari Kali Samin itu.

"Baunya ini bahkan juga dirasakan oleh  warga Desa Telukan dan Pandeyan, Kecamatan Grogol dan Desa Tegalmade, Kecamatan Mojolaban. Mereka juga melapor merasakan hal yang sama," kata Jigong kepada wartawan, Selasa (24/10/2023).

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut