get app
inews
Aa Read Next : Kupas Dunia Jurnalistik, Humas UMS Gelar Sarasehan Bareng Wartawan di Bandung

Mahasiswa UMS Juara 1 MTQMN 2023, Ciptakan Aplikasi Al Quran Untuk Penyandang Difabel Tunarungu

Sabtu, 11 November 2023 | 17:01 WIB
header img
Aldin dan Ucok, mahasiswa Prodi Tehnik Informatika FKI UMS meraih juara 1 dalam ajang MTQMN XVII 2023 di Malang, Jawa Timur.Foto:iNews/ Istimewa

Aldin menjelaskan aplikasi Al Quran untuk penyandang difabel tunarungu yang dibuatnya bersama Ucok tersebut berbasis mobile. Proses pembuatan aplikasi kurang lebih memakan waktu 3 bulan.

Ia pun memberi nama aplikasi itu "Mukmeen". Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang bertujuan memudahkan setiap penggunanya. Namun ada satu fitur unggulan, yaitu Al Quran digital. Fitur ini disebutkan bisa membantu penyandang difabel tunarungu belajar membaca dan memahami makna Alquran.

"Cara kerjanya nanti saat mode Al Quran disabilitas diaktifkan, akan muncul Al Quran dengan bahasa isyarat. Fitur ini memudahkan penyintas tunarungu lebih mudah membaca dan memahami makna Al Quran,"beber Aldin.

Sedangkan Ucok selaku anggota tim menambahkan, selama proses pengembangan aplikasi banyak tantangan yang harus dihadapi. Mulai dari percobaan berkali-kali agar aplikasi berjalan sempurna, hingga tantangan harus membagi waktu antara kuliah, organisasi dan menyelesaikan aplikasi Al Quran digital itu.

"Tantangannya adalah harus membagi waktu kuliah, tugas, organisasi dan development aplikasi tersebut. Makanya kemenangan ini harapannya tidak hanya didapatkan di tahun ini saja, tetapi tahun-tahun berikutnya semoga UMS mendapatkan prestasi gemilang," imbuhnya

Baik Aldin maupun Ucok, keduanya berkomitmen untuk terus mengembangkan aplikasi "Mukmeen" agar lebih sempurna dan bisa bermanfaat bagi banyak orang. Saat ini aplikasi Al Quran digital "Mukmeen" sudah tersedia di Play Store dan bisa diunduh secara gratis.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut