get app
inews
Aa Read Next : Miris, Bendera Merah Putih Sobek dan Kusam Berkibar di Halaman Kantor KUD Tanon Sragen

BKKBN Gelar Sosialisasi Stunting Bersama Sanggar Sedap Malam Sragen

Jum'at, 15 Desember 2023 | 02:56 WIB
header img
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) telah menghadirkan inovasi dalam sosialisasi pencegahan stunting di Dayu Park, Kamis (14/12/2023).Foto:iNews/Joko P

SRAGEN, iNewsSragen.id - Stunting adalah kondisi yang ditandai dengan kurangnya tinggi badan anak jika dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Secara sederhana, stunting merupakan istilah untuk gangguan pertumbuhan pada anak. Penyebab utama stunting adalah kurangnya asupan nutrisi selama masa pertumbuhan anak.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) telah menghadirkan inovasi dalam sosialisasi pencegahan stunting di Dayu Park, Kamis (14/12/2023). Salah satu inovasi tersebut adalah melalui penyelenggaraan seni budaya di berbagai kabupaten.

Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, memiliki potensi budaya tradisional yang sangat beragam, salah satunya adalah "Sanggar Sedap Malam." Kesenian ini berasal dari Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen, dan melibatkan sekelompok seniman tradisional transpuan. Mereka menampilkan seni seperti tari, ketoprak, dan dagelan uyon-uyon dengan tema yang sesuai dengan fenomena yang terjadi di tengah masyarakat.

Dalam upaya pencegahan stunting, BKKBN bekerja sama dengan Sanggar Sedap Malam untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat di Kawasan Dusun Gembong, Desa Saradan, Kecamatan Karangmalang, Sragen. Harapannya, melalui seni budaya, masyarakat di pedesaan dapat lebih memahami pentingnya pencegahan stunting sejak dini.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut