get app
inews
Aa Read Next : Dentista Queena Arfiyanti Putri Pelajar Madiun Dapat Beasiswa Langka ke Jepang, Inilah Kisahnya!

Gempa Dahsyat Jepang, Akibatkan Tsunami 1 hingga 5 Meter Mengancam di Beberapa Wilayah

Senin, 01 Januari 2024 | 22:08 WIB
header img
Gempa dahsyat M7,6 melanda Jepang (Foto: BBC)

TOKYO, iNewsSragen.idGempa dahsyat magnitudo 7,6 di Jepang di beberapa wilayah. Yakni Prefektur Ishikawa, Prefektur Niigata, Toyama, Osaka, Hyogo, Nara, Tottori, Iwate, Miyagi dan Fukui, Nagano, Gifu, Tokyo, Yamagata, Fukushima, Ibaraki, Tochigi, Gunma, Saitama, Shizuoka, Aichi, Mie, Shiga, Kyoto, dan Akita. Gempa juga telah menyebabkan gelombang tsunami di beberapa wilayah.

Peringatan tsunami besar kewaspadaan tertinggi dikeluarkan untuk Semenanjung Noto di Prefektur Ishikawa, dan badan cuaca memperingatkan akan adanya gelombang setinggi 5 meter di wilayah tersebut. Daerah lain di pesisir Laut Jepang, dari Hokkaido hingga Nagasaki, berada dalam  peringatan tsunami, dengan perkiraan gelombang setinggi 3 meter.

Gelombang tsunami sudah sampai di beberapa wilayah. NHK melaporkan Peringatan tsunami untuk prefektur Ishikawa, Niigata, Toyama dan Yamagata mendesak masyarakat untuk segera meninggalkan daerah pesisir, dengan gelombang setinggi lebih dari 1,2 meter mencapai Pelabuhan Wajima di Semenanjung Noto di Ishikawa sekitar pukul 16:21 waktu setempat.

Menurut Badan Meteorologi, orang-orang yang mengalami tsunami setinggi lebih dari 1 meter dianggap sangat mungkin tidak dapat berdiri, dengan kemungkinan kematian.

Sejak gelombang awal melanda, ketinggian tsunami di Pelabuhan Wajima semakin meningkat, meski pengukuran pastinya belum dapat ditentukan.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut