get app
inews
Aa Read Next : Diusung 1 Partai, Pasangan Bambang-Catur Optimis Maju dalam Pilbup Grobogan 2024-2029

Logistik Surat Suara Pilpres dan DPD Tiba, KPU Sukoharjo Siapkan 300 Tenaga Sortir Lipat

Sabtu, 06 Januari 2024 | 15:09 WIB
header img
Kedatangan kiriman logistik surat suara PPWP dan DPD Pemilu 2024 di gudang KPU Kabupaten Sukoharjo.Foto:iNews/ Istimewa

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukoharjo telah menerima kiriman logistik surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP), dan surat suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk Pemilu 2024.

"Ya, pagi tadi ada (kiriman logistik) surat suara PPWP dan DPD, berikut surat suara susulan atau PSU (Pemungutan Suara Ulang)," kata Ketua Komisioner KPU Kabupaten Sukoharjo, Syakbani Eko Raharjo, saat dikonfirmasi, Sabtu (6/1/2024).

Logistik surat suara tersebut dikirim dari percetakan PT. Pura Barutama Kudus pada, Jum''at (5/1/2024) kemarin sekira pukul 22.00 WIB, dan tiba di gudang KPU Sukoharjo Sabtu (6/1/2024) sekira pukul 05.00 WIB dengan dikawal ketat aparat keamanan serta Bawaslu Kabupaten Sukoharjo.

"Baru surat suara untuk dua pemilihan itu yang kami terima. Jumlahnya baik surat suara PPWP maupun surat suara DPD sama. Masing -masing sebanyak 693.278 lembar surat suara," terang Syakbani

Rinciannya, untuk surat suara PPWP dikemas dalam dus dengan masing-masing berisi 2.000 lembar. Sedangkan untuk surat suara DPD juga dalam dus dengan masing-masing berisi 1.000 lembar.

Terkait jadwal pengiriman logistik surat suara legislatif DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, menurut Syakbani akan dikirim menyusul beberapa hari lagi.

"Untuk surat suara DPR RI, DPR Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, kurang lebih akan dikirim pada, 10 Januari 2024 mendatang," ujarnya.

Mengingat saat ini baru ada dua jenis surat suara, maka KPU Kabupaten Sukoharjo belum melakukan kegiatan sortir dan pelipatan. Hal itu akan dilakukan setelah seluruh surat suara telah diterima.

"Kami telah menyiapkan sekira 300 orang untuk sortir dan pelipatan surat suara. Nanti akan kami lihat dulu, jika dirasa perlu penambahan tenaga sortir dan pelipatan maka kami tambah," pungkas Syakbani.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut