get app
inews
Aa Read Next : Unjuk Rasa September Hitam di Kartasura, Massa Gelar Orasi Hingga Malam Hari

Waspada KLB Polio Type 2, DKK Sukoharjo Serentak Gencarkan Imunisasi

Senin, 15 Januari 2024 | 18:06 WIB
header img
Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengunjungi pencanangan penanggulangan KLB Polio Type 2 di Balai Desa Pondok, Kecamatan Nguter/ Istimewa

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo menggencarkan imunisasi menanggulangi KLB Polio Vaccine Derived Polio Virus Type 2(cVDPV2) dengan menggelar Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio.

Program ini merupakan tindak lanjut turunnya Surat Menteri Kesehatan merespon penemuan kasus anak yang terjangkit virus polio dengan gejala lumpuh layu akut di beberapa daerah diantaranya, di Kabupaten Klaten Jateng dan Kabupaten Pamekasan Jatim baru-baru ini.

Kepala DKK Sukoharjo Tri Tuti Rahayu mengatakan, pelaksanaan imunisasi polio gratis ini dilakukan dua putaran, dari 15 sampai 21 Januari 2024. Sedangkan putaran kedua pada 19 sampai 25 Februari 2024

"Pada tahap awal pelaksanaan, kami menggelar pencanangan Sub PIN Polio yang dihadiri langsung oleh Bupati Sukoharjo Etik Suryani di Pos Sub PIN Balai Desa Pondok, Kecamatan Nguter," kata Tuti, Senin (15/1/2024).

Dijelaskan, dalam pelaksanaan imunisasi polio ini juga ada penambahan waktu dengan 5 hari sweeping di masing-masing putaran. Untuk lokasi Sub PIN Polio dilakukan di sekolah, posyandu, puskesmas atau layanan kesehatan di desa.

"Sukoharjo merupakan wilayah yang mempunyai risiko tinggi penularan Polio Vaccine Derived Polio Virus Type 2 (cVDPV2) dan merupakan  wilayah KLB Polio VDPV2 setelah ditemukannya kasus lumpuh layu akut atau acute flaccid paralysis (AFP)," ujarnya.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut