get app
inews
Aa Read Next : Upaya Pemadaman Api di Lahan Hutan KPH Purwodadi, Membutuhkan Waktu 3 Hari Baru Padam

Banjir Bandang Terjang Grobogan, 2.822 Rumah di 33 Desa Terendam

Selasa, 06 Februari 2024 | 20:02 WIB
header img
Banjir Grobogan, Jawa Tengah (Foto: Dok BNPB)

GROBOGAN, iNewsSragen.id - Banjir  bandang melanda 33 desa di 12 kecamatan di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, sejak Senin, 5 Februari 2024, pukul 22.00 WIB. Banjir tersebut dipicu oleh intensitas curah hujan tinggi dan kiriman air dari hulu, menyebabkan Sungai Lusi, Sungai Serang, dan Sungai Tuntang meluap dan tidak mampu menampung debit air.

Kedua belas kecamatan yang terdampak meliputi Godong, Penawangan, Tawangharjo, Purwodadi, Toroh, Karangrayung, Geyer, Kedungjati, Tegowanu, Tanggungharjo, Gubug, dan Grobogan.

Pusat Pengendalian Operasi BPBD Kabupaten Grobogan mencatat bahwa ketinggian air di beberapa wilayah terpantau surut, namun di wilayah lainnya banjir masih bertahan dengan ketinggian air mencapai 50 cm.

Sebanyak 2.822 unit rumah terdampak banjir, dan jalan raya Purwodadi-Gubug mengalami limpasan yang mengakibatkan akses lalu lintas terputus. Kerugian materil juga terjadi, termasuk rusaknya talud dan rabat beton di Desa Karangpasar, Kecamatan Tegowanu, serta 56 Ha lahan persawahan yang ikut terdampak banjir.

BPBD Kabupaten Grobogan dan tim gabungan telah melakukan penanganan darurat dengan evakuasi masyarakat. Distribusi bantuan logistik untuk dapur umum dan nasi bungkus bagi warga yang terdampak banjir juga telah dilakukan.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut