get app
inews
Aa Read Next : Dugaan Tindakan Represif Aparat di Sukoharjo, Pagar Nusa Siap Tempuh Jalur Hukum 

CFD Jalan Veteran Sukoharjo Dibuka Selama Ramadhan, Kartasura Ditunggu

Minggu, 10 Maret 2024 | 18:13 WIB
header img
CFD Jalan Slamet Riyadi Kartasura.Foto:iNews/ Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Pemkab Sukoharjo memastikan tidak akan meliburkan car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor di Jalan Veteran dan sekitar alun-alun Satya Negara tiap hari Minggu pagi selama Ramadhan 1445 H/2024.

"Kegiatan CFD tetap digelar selama Ramadhan seperti pada tahun-tahun sebelumnya," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, Minggu (10/3/2024)

Ia menyampaikan, CFD sudah menjadi ruang publik dan ekonomi masyarakat setiap Minggu pagi. Masyarakat tetap diperbolehkan melakukan berbagai aktivitas seperti olahraga, maupun kegiatan ekonomi bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Untuk menjamin kenyamanan dan kelancaran, kami tetap menurunkan petugas di setiap sudut ruas jalan selama penyelenggaraan CFD. Untuk yang di Sukoharjo Kota lokasi CFD seperti biasa di sekitar alun-alun Satya Negara, atau Jalan Veteran," kata Toni.

Kemudian untuk wilayah Kecamatan Kartasura, Toni mengaku kepastiannya masih menunggu proses dari paguyuban pelaku UMKM dan komunitas masyarakat yang biasanya beraktivitas meramaikan CFD di Jalan Slamet Riyadi Kartasura.

"Kami belum mendapat informasi valid terkait kepastian apakah CFD di Kartasura diliburkan atau tidak. Saat ini kami masih menunggu respons dari paguyuban pelaku UMKM dan komunitas masyarakat disana," ujarnya

“Kalau CFD Kartasura itu sifatnya mandiri, kami masih menunggu apakah libur atau tidak selama bulan puasa. Mereka biasanya memberi tahu kami jika kegiatan CFD diliburkan sementara,” sambungnya

Ditambahkan, kegiatan CFD saat bulan puasa konsepnya tidak berubah, masih seperti pelaksanaan pada hari Minggu di luar bulan puasa. Hanya saja kemungkinan dari jumlah pengunjung mengalami penurunan.

Terpisah, Denny salah satu pengurus Paguyuban Wargo Ageng Kartasura (Pawartos) mengatakan, bahwa untuk pelaksanaan CFD di Kartasura selama bulan Ramadhan pihaknya masih menunggu arahan dari Camat Kartasura.

"Kami belum tahu apakah CFD akan dibuka atau diliburkan selama Ramadhan karena masih menunggu koordinasi dengan pak Camat," katanya saat dihubungi.

Disisi lain, Camat Kartasura Ikhwan Sapto Darmono belum memberikan jawaban saat dikonfirmasi melalui pesan singkat terkait kegiatan CFD selama bulan Ramadhan apakah diliburkan atau tetap akan dibuka.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut