get app
inews
Aa Read Next : Pengeroyokan 15 Pelaku Belum Ditangkap, Kasatreskrim: Karena Belum Cukup Bukti

Mentan Amran dan Jajaran Kodam Diponegoro Percepat Pompanisasi di Jawa Tengah

Jum'at, 22 Maret 2024 | 08:16 WIB
header img
Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman (Mentan Amran).Foto:Istimewa

SEMARANG, iNewsSragen.id - Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman (Mentan Amran), dalam upaya percepatan tanam di musim kedua tahun ini, menargetkan penggunaan program pompanisasi di sejumlah wilayah, dengan fokus utama pada Jawa Tengah.

Bersama jajaran di Kodam IV/Diponegoro, Mentan Amran berharap program ini dapat memacu aktivitas tanam agar berjalan lebih cepat dan maksimal.

Program pompanisasi difokuskan pada lahan sawah yang memiliki indeks pertanaman (IP) satu, tetapi memiliki sumber air yang tersedia sepanjang tahun. Tujuannya adalah untuk meningkatkan indeks pertanaman dari satu menjadi dua atau lebih dalam setahun.

Mentan Amran menyebutkan bahwa sudah diidentifikasi ada 300.000 hektar lahan dengan IP satu yang dapat diangkat menjadi dua atau tiga kali tanam dalam setahun. Dengan meningkatkan IP tersebut, potensi produksi padi dapat meningkat secara signifikan. Pompa air disiapkan sebagai solusi cepat untuk mengatasi masalah kekurangan air dalam pertanian.

Lebih lanjut, program pompanisasi diharapkan dapat membantu petani dalam aktivitas tanam di lapangan dengan memudahkan proses olah tanah dan penanaman. Program ini tidak hanya diterapkan di Pulau Jawa, namun juga akan diperluas ke wilayah lain di luar Pulau Jawa untuk meningkatkan produksi padi secara massif.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut