get app
inews
Aa Read Next : Pasca Gempa Tuban, di Grobogan Muncul Semburan Air Bercampur Lumpur

Taiwan, Jepang, Filipina Diguncang Gempa Dahsyat 7,7 SR, Ada Peringatan Tsunami

Rabu, 03 April 2024 | 15:15 WIB
header img
Gedung roboh akibat gempa bumi di Taiwan. Foto/AP

TAIWAN, iNewsSragen.id - Taiwan dilanda gempa bumi terbesar dalam seperempat abad terakhir pada hari Rabu (3/4/2024), yang memicu peringatan tsunami bagi Taiwan sendiri, Jepang, dan Filipina.

Gempa tersebut mengguncang bangunan dari fondasinya dan menyebabkan tanah longsor di sebagian wilayah timur pulau tersebut. Setidaknya dua bangunan di kota Hualien bagian timur roboh akibat gempa ini.

Di ibu kota Taipei, kendaraan menepi di pinggir jalan dan layanan kereta bawah tanah sempat terhenti sementara. Ubin bangunan tua terlempar dan perabotan roboh akibat kekuatan gempa. Serangkaian gempa susulan juga terasa di ibu kota, dimulai sekitar 15 menit setelah gempa utama dan berlanjut hingga satu jam berikutnya.

Hingga saat ini, pihak berwenang belum melaporkan adanya korban jiwa. Namun, peringatan tsunami telah dikeluarkan di wilayah pesisir Taiwan, meminta warga untuk tetap waspada. Pihak berwenang juga mengatakan bahwa gempa susulan bisa terjadi selama tiga hingga empat hari ke depan karena intensitas gempa.

Badan Meteorologi Jepang (JAM) menyatakan bahwa kekuatan gempa mencapai 7,7 skala Richter, naik dari perkiraan sebelumnya sebesar 7,5.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut