Logo Network
Network

Taiwan, Jepang, Filipina Diguncang Gempa Dahsyat 7,7 SR, Ada Peringatan Tsunami

Syarifudin/Joko P
.
Rabu, 03 April 2024 | 15:15 WIB
Taiwan, Jepang, Filipina Diguncang Gempa Dahsyat 7,7 SR, Ada Peringatan Tsunami
Gedung roboh akibat gempa bumi di Taiwan. Foto/AP

TAIWAN, iNewsSragen.id - Taiwan dilanda gempa bumi terbesar dalam seperempat abad terakhir pada hari Rabu (3/4/2024), yang memicu peringatan tsunami bagi Taiwan sendiri, Jepang, dan Filipina.

Gempa tersebut mengguncang bangunan dari fondasinya dan menyebabkan tanah longsor di sebagian wilayah timur pulau tersebut. Setidaknya dua bangunan di kota Hualien bagian timur roboh akibat gempa ini.

Di ibu kota Taipei, kendaraan menepi di pinggir jalan dan layanan kereta bawah tanah sempat terhenti sementara. Ubin bangunan tua terlempar dan perabotan roboh akibat kekuatan gempa. Serangkaian gempa susulan juga terasa di ibu kota, dimulai sekitar 15 menit setelah gempa utama dan berlanjut hingga satu jam berikutnya.

Hingga saat ini, pihak berwenang belum melaporkan adanya korban jiwa. Namun, peringatan tsunami telah dikeluarkan di wilayah pesisir Taiwan, meminta warga untuk tetap waspada. Pihak berwenang juga mengatakan bahwa gempa susulan bisa terjadi selama tiga hingga empat hari ke depan karena intensitas gempa.

Badan Meteorologi Jepang (JAM) menyatakan bahwa kekuatan gempa mencapai 7,7 skala Richter, naik dari perkiraan sebelumnya sebesar 7,5.

Follow Berita iNews Sragen di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.