get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Pengunjung Padati Sendang Keongan Grobogan untuk Nikmati Sensasi Terapi Kesehatan

Ribuan Koleksi Benda Bersejarah di Museum Mpu Tantular, Kalung Badong Emas Seharga Miliaran Rupiah

Minggu, 12 Mei 2024 | 22:51 WIB
header img
Museum Mpu Tantular, Menyimpan Garudeya Kalung Badong Emas Berharga Miliaran Rupiah.Foto:iNews/Joko P

SIDOHARJO, iNewsSragen.id - Museum Mpu Tantular di Jalan Raya Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur, adalah salah satu destinasi wisata yang populer di kalangan pengunjung saat liburan.

Museum ini memiliki sejarah yang panjang, dimulai dari pendirian oleh Godfried Hariowald Von Faber, seorang kolektor asal Jerman yang menetap di Surabaya. Pembukaan resmi museum ini dilakukan pada 25 Juni 1937.

Sejak 1 November 1974, Museum Mpu Tantular dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur. Museum ini menjadi tempat penyimpanan berbagai benda bersejarah serta menjadi tempat studi dan rekreasi.

Kepala UPT Museum Negeri Mpu Tantular Sadari melalui pemandu Dwi Margono menambahkan selain koleksi Badong, juga ada koleksi sepeda motor uap buatan G.Daimler – Jerman 1834.

Suyatno pemandu wisata.Foto:iNews/Joko P

Suyatno, pemandu wisata menyebutkan, museum itu menyimpan benda-benda bernilai sejarah secara umum, serta sebagai tempat studi dan rekreasi. Jumlah pengunjung relatif banyak, tapi tidak membeludak.

Wisatawan Museum Mpu Tantular.Foto:iNews/Joko P

Salah satu koleksi istimewa di museum ini adalah perhiasan Garudeya, yang terbuat dari emas 22 karat dengan berat 1.163 gram dan dihiasi dengan 48 batu permata.

Meskipun memiliki nilai yang sangat tinggi, perhiasan ini tidak akan dijual karena merupakan peninggalan sejarah. Oleh karena itu, koleksi ini disimpan di ruang khusus dengan pengaman jeruji besi dan pintu baja setebal 15 cm.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut