get app
inews
Aa Read Next : Jelang Pilkada 2024, Kapolres Sragen Sambut Hangat Silaturahmi Organisasi Pemuda KNPI

Peringati Hari Lahir Pancasila, SMK Citra Medika Sragen Gelar Bakti Sosial dan Lomba Menarik

Sabtu, 01 Juni 2024 | 14:34 WIB
header img
Lomba fashion show di SMK Citra Medika, Sragen, Jawa Tengah, memperingati Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2024.Foto:iNews/Joko P

SRAGEN, iNewsSragen.id - Ratusan pelajar di SMK Citra Medika, Sragen, Jawa Tengah, memperingati Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2024 dengan penuh semangat dan antusias.

Beragam kegiatan menarik diadakan untuk menanamkan rasa cinta tanah air dan meningkatkan kesadaran tentang nilai-nilai Pancasila di kalangan siswa.

Anisa Nunik salah satu siswi SMK Citra Medika, menyampaikan salah satu acara yang paling menarik perhatian adalah lomba fashion show tokoh nasional.

Setiap kelas menampilkan karakter tokoh idola pahlawan mereka. Para siswa mengangkat berbagai tokoh pahlawan nasional sebagai inspirasi dan motivasi untuk meraih prestasi, ujar Anisa.

Anisa Nunik, Siswi SMK Citra Medika.Foto:iNews/Joko P.

Ditambahkan Anisa, kegiatan lomba-lomba memperingati Hari Lahir Pancasila ini memberikan banyak manfaat positif bagi siswa-siswi. Anisa merasa bahwa melalui lomba-lomba tersebut, siswa-siswi menjadi lebih termotivasi, serta belajar nilai-nilai toleransi, saling membantu, dan gotong royong.

Anisa sendiri memperagakan tokoh Ibu Fatmawati dalam lomba fashion show. "Beliau adalah tokoh yang sangat menginspirasi," ujar Anisa.

Dengan memperagakan Ibu Fatmawati, Anisa berharap dapat meneladani semangat dan pengabdian beliau untuk bangsa dan negara, serta menginspirasi teman-temannya untuk mengenal lebih dalam tokoh-tokoh pahlawan nasional dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Apel peringatan Hari lahir Pancasila.Foto:iNews/Joko P 

Sementara berapa tokoh yang ditampilkan antara lain Ibu Fatmati Soekarno, RA. Kartini, Cut Nyak Meutia, dan Cut Nyak Dien. Selain lomba fashion show, para siswa juga menampilkan kreativitas mereka melalui tari kreasi dan teater. Pertunjukan ini tidak hanya menunjukkan bakat seni para siswa tetapi juga menggambarkan penghargaan mereka terhadap budaya dan sejarah nasional.

Kepala sekolah SMK Citra Medika Sragen, Nano Priyanto.Foto:iNews/Joko P

Kepala sekolah SMK Citra Medika Sragen, Nano Priyanto, mengatakan sebagai wujud kepedulian terhadap sesama, SMK Citra Medika juga menggelar bakti sosial dan kegiatan donor darah. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat sekitar sekaligus menanamkan nilai-nilai kemanusiaan dan gotong royong dalam diri siswa, katanya.

Dengan mengikuti rangkaian acara ini, diharapkan para siswa lebih mengenal tokoh-tokoh nasional dan mendalami nilai-nilai Pancasila.

Kegiatan tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air di kalangan pelajar, sehingga mereka dapat menjadi generasi penerus yang menghargai dan menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, pungkas Nano.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut