get app
inews
Aa Read Next : Kompak Mempertahankan Budaya Leluhur, Sidowarno Klaten Mendunia Jadi Desa Wayang

Ini Pemenang Lomba Krenova Se-SUBOSUKAWONOSRATEN di Sukoharjo Kategori Masyarakat

Kamis, 04 Juli 2024 | 21:02 WIB
header img
Sekda Sukoharjo Widodo menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba Krenova Se-SUBOSUKAWONOSRATEN tahun 2024/ Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.idInovasi Mesin Produksi Senar Gitar Otomatis buatan warga Klaten berhasil memenangkan lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) kategori masyarakat yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo.

Dalam lomba yang diikuti oleh 14 peserta perwakilan dari Sukoharjo, Boyolali, Surakarta, Wonogiri, Sragen, dan Klaten (SUBOSUKAWONOSRATEN) itu, berlangsung dengan menghadirkan tim juri terdiri tiga orang dari akademisi.

Hadiah berupa tropi, piagam, dan uang pembinaan untuk juara 1 sebesar Rp 6 juta diserahkan langsung oleh Sekda Sukoharjo Widodo, didampingi Kepala Bapperida Sukoharjo Rudiyanto di aula lantai 10 Menara Wijaya komplek Pemkab Sukoharjo, Kamis (4/7/2024).

Untuk juara 2 dalam lomba ini diraih perwakilan dari Wonogiri dengan inovasi Pemberdayaan Masyarakat melalui Bank Sampah Berseri (BSB) menuju Desa Cerdas. Selain mendapat hadiah tropi, piagam, juga uang pembinaan sebesar Rp 5 juta.

Berikutnya juara 3 perwakilan tuan rumah Sukoharjo berupa inovasi Telehealth Nusa Medis: Deteksi Dini Stroke dengan Smartwatch. Hadiahnya tropi, piagam dan uang pembinaan sebesar Rp 4 juta.

"Lomba Krenova ini memang untuk 2024 Kabupaten Sukoharjo ditunjuk sebagai tuan rumah. Lomba ini dilaksanakan secara bergiliran se-SUBOSUKAWONOSRATEN, dan untuk 2025 besok yang akan menjadi tuan rumah adalah Kabupaten Klaten," kata Widodo.

Menurutnya, dari hasil penyelenggaraan Krenova tersebut ternyata banyak sekali inovasi-inovasi hasil karya masyarakat yang manfaatnya sangat besar. Komitmen dari Pemkab Sukoharjo bagi warganya yang berhasil mendapat apresiasi dalam lomba maka akan dibantu dalam mendapatkan pengakuan hak paten-nya.

"Kalau inovasi itu perlu dipatenkan melalui HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) tentunya akan kami bantu dalam pengurusannya. Dengan hak paten maka akan bermanfaat bagi penemu itu sendiri dan juga bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Ditambahkan Widodo, meskipun perwakilan dari Kabupaten Sukoharjo hanya meraih juara 3, namun mereka akan dikirim untuk mengikuti lomba berikutnya yang diselenggarakan di Kabupaten Cilacap.

"Inovasi karya perwakilan dari Sukoharjo ini berupa aplikasi. Manfaatnya untuk membantu masyarakat dan fasilitas pelayanan kesehatan di semua tingkatan, baik itu di rumah sakit tipe A,B, C, hingga Puskesmas. Kalau bisa menggunakan maka masyarakat akan terbantu," imbuhnya. 

Diakhir acara usai penyerahan hadiah kepada pemenang lomba, dilaksanakan serah terima estafet penyelenggaraan Krenova tahun berikutnya dari Pemkab Sukoharjo kepada perwakilan dari Pemkab Klaten. Serah terima dilakukan dengan cara minum jamu bersama.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut