get app
inews
Aa Read Next : Empat Warga Solo Tertimpa Tembok Talud Roboh, Dua Meninggal Dunia

Rambah Pemangku Adat, BPJS Ketenagakerjaan Beri Perlindungan Abdi Dalem Pura Mangkunegaran

Jum'at, 05 Juli 2024 | 19:28 WIB
header img
Penyerahan sertifikat kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan abdi dalem Pura Mangkunegaran Solo.Foto:iNews/ Istimewa

SOLO,iNewsSragen.id - Sebagai wujud perlindungan dan memberi jaminan sosial, Pura Mangkunegaran Solo mengikutsertakan abdi dalem menjadi menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Selama ini abdi dalem berperan sebagai pemangku adat sekaligus juga abdi budaya dalam memberikan suri tauladan yang dapat menjadi benteng bagi tatanan perilaku kehidupan sosial yang lebih luas, dalam pesatnya era modernisasi.

Pengageng Mondropuro KPH.Drs.H. Tjuk Susilo,MPA mengatakan, pada Kamis (4/7/2024), secara simbolis BPJS Ketenagakerjaan menyerahkan kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada 105 abdi dalem Pura Mangkunegaran.

"Kalau abdi dalem bukan dalam konteks kesejahteraan, lebih pada pengabdian budaya, bagaimanapun kan mereka yang mengabdikan diri untuk kebudayaan yang adi luhung itu kan harus kita lindungi," terangnya.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surakarta, Teguh Wiyono menyampaikan, setiap pekerjaan pasti memiliki risiko tak terkecuali abdi dalem Pura Mangkunegaran.

"Maka sudah selayaknya abdi dalem mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan. Oleh karena itu, keberadaan perlindungan jaminan sosial melalui BPJS Ketenagakerjaan diharapkan dapat memberikan perlindungan diri dari berbagai hal dan risiko yang tidak diinginkan selama bekerja," kata Teguh.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut