get app
inews
Aa Read Next : Ultah ke-11, Norma Aesthetic Gelar Talkshow dan Berbagi Doorprize di Pakuwon Mall

Undang Bupati Sukoharjo, Warga Desa Singopuran Gelar Perayaan Babad Gembongan

Minggu, 21 Juli 2024 | 19:54 WIB
header img
Bupati Sukoharjo Etik Suryani hadir di acara Babad Gembongan, di Desa Singopuran, Kecamatan Kartasura.Foto:iNews/ Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.idPerayaan mengingat kembali asal usul sejarah nama Dusun Gembongan, Desa Singopuran, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, diselenggarakan warga dengan tajuk Babad Gembongan. Acara itu mengambil lokasi ditengah jalan dusun setempat, Minggu (21/7/2024) pagi.

Disepanjang jalan dusun tidak jauh dari pagar tembok cagar budaya Ndalem Singopuran yang sempat heboh karena dijebol oleh pemiliknya itu, berbagai acara ditampilkan untuk disaksikan masyarakat umum, mulai kirab gunungan, pentas seni tradisional dan modern, hingga bazar UMKM.

Penyelenggaraan yang telah memasuki tahun-6 sejak 2019 lalu itu, kali ini juga mendapat apresiasi Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, dibuktikan dengan kehadirannya memenuhi undangan untuk menyaksikan dan menyampaikan sambutan pembukaan didampingi pejabat Forkopimcam Kartasura.

"Saat ini sistem dan struktur pemerintahan sudah semakin maju dan berkembang sehingga sering kali meninggalkan ciri khas yang ada di wilayah masing-masing, sehingga banyak yang mengenal suatu wilayah sebagai sebuah identitas hanya dengan Desa, RW maupun RT saja. Keberadaan Kampung/ Dusun sebagai sebuah bagian penting ruang kota, tak terpisahkan dari pengembangan perencanaan kota yang kreatif," kata Bupati dalam sambutannya.

Ia mengatakan, kampung/ dusun menjadi bagian dalam menciptakan identitas kota, karena kampung/ dusun menjadi sumber kreatifitas, menjadi pusat kegiatan sosial budaya dan perekonomian kreatif.

"Babad Gembongan merupakan sebuah event budaya dan kesenian tradisional, yang dilaksanakan dalam rangka menggali asal usul Kampung/ Dusun Gembongan dan untuk melestarikan budaya dan kesenian lokal," kata Bupati.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut