Peduli Cagar Budaya, PGN Makoda Sukoharjo Gelar Baksos Bersihkan Pesanggrahan Langenharjo

Nanang SN
Baksos bersih-bersih kawasan cagar budaya Pesanggrahan Langenharjo, peninggalan PB X di Grogol Sukoharjo oleh PGN Makoda Sukoharjo. Foto: iNews/Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.id Ormas Patriot Garuda Nusantara (PGN) Makoda Sukoharjo menggelar bakti sosial (baksos) membersihkan lingkungan Bangunan Cagar Budaya (BCB) Pesanggrahan Langenharjo, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah, pada Minggu (15/1/2023).

Tujuan baksos disebutkan, berangkat dari keprihatinan atas kondisi kawasan BCB peninggalan Paku Buwono (PB) X tersebut yang kurang terawat. Hal ini lantaran minim perhatian dari pemerintah daerah

Puluhan anggota PGN Makoda Sukoharjo  membersihkan rumput liar dihalaman pesanggrahan menggunakan mesin pemotong rumput. Mereka juga mengecat ulang pintu masuk pesanggrahan, berikut pagar di sekelilingnya.

"Karena ini peninggalan sejarah bangsa, maka kami sebagai ormas kebangsaan harus ikut menjaga kelestariannya. Kita tidak boleh tinggal diam melihat kondisi Pesanggrahan Langenharjo saat ini," kata Eko Hardiyanto, Ketua Makoda PGN Sukoharjo di sela baksos.

Setidaknya dengan aksi baksos bersih-bersih serta mengecat pintu masuk dan pagar, penampakan Pesanggrahan Langenharjo akan lebih bagus dan tidak terkesan angker jika dilihat dari luar.

"Dari 100 lebih angota PGN Makoda Sukoharjo, sengaja yang kami libatkan dalam kegiatan ini sekira 25 orang saja. Mereka melakukan pengecatan pagar dan membersihkan rumput ilalang," terangnya.

Editor : Joko Piroso

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network