Pasukan Khusus Legiun Mangkunegaran 1808-1942, Kekuatan Pasukan Militer Paling Modern di Asia

Joko Piroso
Foto-foto koleksi Tropenmuseum, yang menggambarkan tentang Legiun Mangkunegaran, pasukan perang modern dari Tanah Jawa. Foto/Dok. puromangkunegaran.com

Bahkan, saat pecah perang dunia kedua, Legiun Mangkunegaran masih terlibat dalam pertempuran sengit untuk mempertahankan Jawa dari serangan Jepang, pada tahun 1942. Dalam catatan puromangkunegaran.com, disebutkan Legiun Mangkunegaran mampu bertahan sampai masa kekuasaan Mangkunegara VII.

Pasukan elite yang mampu bertahan lebih dari satu abad, dan memiliki pengalaman tempur yang luar biasa tersebut, mampu memadukan budaya Jawa dan Eropa. Tak hanya dari seragam militernya yang menggabungkan gaya militer Perancis dan Jawa.

Pasukan ini juga memadukan senjata modern dan tradisional, serta memiliki strategi perang ala Eropa yang dipadukan dengan strategi perang Pangeran Sambernyawa. Hingga kini, tradisi pasukan Legiun Mataram yang pernah disegani oleh militer di dunia tersebut, masih banyak diadopsi pasukan-pasukan tempur di TNI.

Semangat nasionalisme, kepatuhan kepada pemimpin, serta mengutamakan tugas dan kesetiaan sesama anggota, menjadi nilai-nilai yang masih terus dikembangkan dalam tubuh pasukan tempur di zaman modern ini.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Minggu, 12 Februari 2023 - 10:15 WIB dengan judul "Legiun Mangkunegaran, Unit Pasukan Khusus yang Mampu Tandingi Militer Eropa.

 

 

Editor : Joko Piroso

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network