Gunung Merapi Siaga 3, Obyek Wisata Alam Ditutup Sementara

Nanang SN
Tangkapan layar luncuran awan panas erupsi Gunung Merapi mengarah ke barat daya atau arah Kabupaten Magelang.Foto:iNews/ Istimewa

SLEMAN,iNewsSragen.id - Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM), Sleman, DIY, memutuskan menutup sementara sejumlah Obyek Wisata Alam (OWA) menyusul terjadinya erupsi luncuran awan panas atau wedus gembel.

Pengumuman penutupan OWA disampaikan oleh Kepala BTNGM Muhammad Wahyudi, melalui surat edaran yang dikeluarkan pada, Minggu (12/3/2023).

Sehubungan dengan terjadinya erupsi Merapi yang disertai luncuran awan panas yang terjadi pada, Sabtu (11/3/2023) kemarim serta masih terjadi luncuran awan panas susulan, dengan ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

1) Bahwa OWA di Taman Nasional Gunung Merapi yang saat ini aktif adalah, obyek wisata alam Jurang Jero, obyek wisata alam Tlogo Muncar, dan obyek wisata alam Kalikuning-Plunyon.

2) Berdasarkan siaran pers dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) No. B-85/GL.03/BGV.KG2/2023 tanggal 11 Maret 2023, bahwa dengan adanya erupsi tersebut status Merapi berada pada tingkat  "siaga" (level III) dengan potensi bahaya pada beberapa alur sungai mencapai 5 hingga 7 kilometer.

Editor : Joko Piroso

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network